Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Melakukan Kalibrasi Multimeter Analog dan Digital

Kalibrasi Alat Ukur

Kalibrasi alat ukur adalah proses pengaturan awal atau setting awal suatu alat ukur agar didapatkan hasil pengukuran yang akurat dan presisi. Kalibrasi alat ukur penting dilakukan sebelum melakukan pengukuran besaran listrik. apalagi alat ukur yang digunakan sudah berumur. Metode Kalibrasi pada tiap alat ukur berbeda beda caranya, tergantung dari jenis alat ukur yang digunakan. Pada artikel kali ini akan kita bahas, bagaimana cara melakukan kalibrasi alat ukur multitester Analog dan Digital. 

Cara Kalibrasi Multimeter Analog.

Multimeter Analog merupakan alat ukur yang bekerjanya secara manual. Hasil pengukuran didapatkan dengan pembacaan penunjukan jarum pada meter. Multitester Analog terbuat dari kumparan putar yang dapat menggerakan jarum penunjuk saat ada besaran yang diukur.  Multitester Analog   memiliki empat jenis alat ukur yang bisa digunakan, yaitu Ohm meter, Volt meter AC, Volt meter DC dan Ampere Meter. Masing masing alat ukur tersebut harus dikalibrasi dulu sebelum digunakan, agar didapatkan hasil pengukuran yang presisi dan akurat. Apa yang dimaksud dengan kalibrasi alat ukur itu? Kalibrasi alat ukur merupakan penyetingan awal sebuah alat ukur sebelum digunakan agar didapatkan hasil pengukuran yang akurat. Berikut ini akan dibahas tentang cara kalibrasi empat jenis alat ukur dalam sebuah multitester analog:

multitester analog

Kalibrasi Ohm meter

Kalibrasi Multitester Analog  yang difungsikan sebagai ohm meter , langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Persiapkan alat ukul multimeter, pastikan baterai multitester dalam kondisi bagus.
  2. Posisikan skala selektor pada Ohm meter, biasanya ada di posisi kanan bawah, dan ada simbol 
  3. Pilihlah salah satu skala selektor dari skala yang ada (1 X, 10 X, 100X, 1KX, 10KX).
  4. Hubungkan Probe merah ke connector merah pada multitester, dan probe hitam pada connector hitam (common) pada multitester.
  5. Hubung singkatkan kedua ujung probe ( Hitam dan Merah).
  6. Lihat Pada Layar pembacaan meter, jarum akan bergerak ke kanan.
  7. Tepatkan jarum pada angka nol, skala paling atas (skala Ohm meter) menggunakan knop Zero Adjustment
  8. Multitester Analog yang difungsikan sebagai ohm meter telah selesai dikalibrasi dan siap digunakan
  9. Setiap perubahan skala pada selektor, harus dilakukan kalibrasi ulang.
Kalibrasi Ohm meter Analog

Kalibrasi Volt meter AC 

  1. Persiapkan Multitester analog.
  2. Posisikan Selektor pada Skala Volt AC, biasanya ada di kanan atas, yang berwarna merah dan ada tulisan VAC.
  3. Siapkan obeng min atau tespen.
  4. Atur posisi jarum agar menunjukkan angka nol sebelah kiri pada skala VAC, dengan cara memutar kumparan putar (bulatan kecil dibawah jarum ) Multitestes dengan obeng min
  5. Volt meter AC siap untuk digunakan
  6. Setiap perubahan Skala selektor, harus dilakukan kalibrasi dengan proses yang sama.

Kalibrasi Volt meter DC 

  1. Persiapkan Multitester analog.
  2. Posisikan Selektor pada Skala Volt AC, biasanya ada di kiri  atas, ada tulisan berwarna putih VDC..
  3. Siapkan obeng min atau tespen.
  4. Atur posisi jarum agar menunjukkan angka nol sebelah kiri pada skala VDC, dengan cara memutar kumparan putar (bulatan kecil dibawah jarum ) Multitestes dengan obeng min
  5. Volt meter DC siap untuk digunakan
  6. Setiap perubahan Skala selektor, harus dilakukan kalibrasi dengan proses yang sama.

Kalibrasi milli Ampere  DC 

  1. Persiapkan Multitester analog.
  2. Posisikan Selektor pada Skala milli Ampere DC, biasanya ada di kiri bawah, ada tulisan berwarna putih mA DC
  3. Siapkan obeng min atau tespen.
  4. Atur posisi jarum agar menunjukkan angka nol sebelah kiri pada skala mA DC, dengan cara memutar kumparan putar (bulatan kecil dibawah jarum ) Multitestes dengan obeng min
  5. milli A DC siap untuk digunakan
  6. Setiap perubahan Skala selektor, harus dilakukan kalibrasi dengan proses yang sama.

Cara Kalibrasi Multitester Digital

Multitester digital merupakan sebuah alat ukur yang memiliki lebih dari empat fungsi alat ukur, yaitu sebagai ohm meter, volt meter DC, Voltmeter AC, milli Ampere DC, Hfe meter dan Capasitor tester. Tampilan dari multitester digital ini adalah berupa angka segmen pada layar multitester digital. Tingkat akurasi dari alat ini lebih tinggi, namun sangat sensitif dengan besaran pengacau yang menyebabkan hasil pengukuran rancu. Multitester digital sebenarnya tidak perlu dikalibrasi sebelum digunakan untuk pengukuran suatu besaran. Pada multitester digital yang ada tombol reset, bisa digunakan saat multitester memiliki tingkat pengukuran yang tidak presisi atau setelah penggantian baterai.

multitester digital


Penggunaan Multimeter digital sangat mudah, Tinggal kita pilih selektor pada pengukuran yang kita inginkan, misalnya untuk pengukuran hambatan, posisikan pada ohm meter. Pada multimeter analog, proses kalibrasi ohm meter adalah dengan membuat jarum menunjuk angka nol. Pada multitester digital, jika kedua probe dihubung singkatkan, maka pada display akan menunjukkan angka Nol.

Tingkat akurasi dan presisi multitester digital ini memang lebih bagus dari pada multitester analog, namun dalam beberapa keadaan, multimeter analog lebih cocok digunakan, misalnya dalam pengetesan komponen atau pengecekan kabel yang putus. Demikian, artikel tentang kalibrasi multitester analog dan digital, semoga bermanfaat.