Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Cek Remote TV dalam Satu Menit

Cara Cek  Remote TV  dalam Satu Menit

Sobat.. pernah gak ngalamin, saat asik asiknya nonton TV , tiba tiba remote yang kita gunakan tidak bisa berfungsi, kadang sering juga kita goyang goyangkan agar berfungsi kembali. Nah ternyata ada triknya agar kita bisa tau apakah remote yang kita pake rusak atau tidak. Langkah untuk pengecekan remote ini sangatlah mudah, hanya membutuhkan Smart phone anda sebagai alat bantunya. 


Cek Kondisi Output Remote


Yang pertama  adalah cek kondisi output remote, dalam hal ini adalah sinar infra merah yang keluar dari LED infra merah. Gimana cara ngeceknya? Kan sinar infra merah gak bisa kita lihat… Gampang caranya sobatbee, silakan kalian ambil Handphone, kemudian  buka menu kamera, arahkan remote kea rah kamera sambil dipencet tombol remotenya, coba sobatbee lihat, ada gak cahaya yang kelap kelip dari LED infra merah tadi…Untuk lebih sempurna, sobatbee bisa cek tiap tombol dari remote, mungkin ada yang tidak menempel dengan PCB dalam remote.






  1. Terlihat cahaya yang kelap kelip, berarti kondisi remote masih bagus, jangan dibongkar ya sobatbee, kemungkinan kerusakan bukan pada remote, bisa jadi di  sensor receiver infra merah di pesawat televisi.Kalau menjumpai permasalahan seperti ini, sobatbee bisa cek bagian receiver remote di bagian televisi. 
  2. Tidak  kelihatan kelap kelip saat remote di arahkan ke kamera, bisa jadi remotenya uang rusak.  Sobatbee bisa mulai ngeceknya dari sumber listriknya, Biasanya remote TV membutuhkan konsumsi  energy listrik sekitar 3 volt DC. Sebuah baterai alkaline bisa dapat menghasilkan tegangan 1,5 Volt DC, sehingga baterai yang kita pasang berjumlah dua buah. 

Cek Koneksitas Karet Tombol remote

Untuk mengetahui koneksitas karet, sobatbee bisa cek masing masing tombolnya secara bergantian, dengan lampu mengarah ke kamera. Masing masing tompol dipencet dan dilihat apakah lampunya berkedip. Jika semua tombol sudah dipencet dan lampu berkedip maka koneksitas karet tombol dan PCB masih bagus, namun jika sobatbee menemukan salah satu tombol yang tidak berespon, sobatbee bisa bersihkan kerak atau minyak yang mungkin menghalangi koneksitas karet tombol dengan PCB remote televisi.

Buka Cover Remote TV

Untuk mengganti Baterai remote, sobatbee bisa membuka pada bagian belakang remote TV, disitulah tempat  baterai, Sobatbee bisa cek kondisi baterai dengan cara:


  1. Jatuhkan baterai ke lantai, jika tidak memantul berarti kondisi baterai masih bagus, tapi kalau memantul berarti sudah soak. 
  2. Gunakan  alat ukur volt meter, jika tegangan yang terukur sama dengan 1,5 Volt berarti kondisi masih bagus, jika kurang dari tegangan tersebut, maka kemungkinan baterai sudah rusak atau habis.
  3. Gunakan alat ukur yang  lebih akurat  yaitu  baterai checker.
  4. JIka baterainya habis, sobatbee bisa membeli yang baru terus ganti ya, nah yang kadang sering kita abaikan adalah pada saat mengganti baterai, usahakan semua diganti, jangan hanya satu saja, karena hal ini akan berpengaruh pada keawetan baterai ya sobatbee. kalau sudah diganti baterainya silakan lakukan pengecekan remote  seperti pada langkah pertama.

Cek PCB Remote TV

Jika sumber  listrik dari baterai normal, Kontak kontak antara karet tombol dengan PCB juga bagus, mak langkah berikutnya adalah cek kondisi lampu infra merah pada remote, Langkahnya sebagai berikut :
  1. buka remote dan perhatikan PCB remote bagian ujung yang ada LED infra merahnya. cek kondisinya. Kasus yang sering terjadi adalah solderan pada kaki LED yang goyang atau lepas.Untuk memastikan apakah LED nya masih bagus atau tidak, sobatbee bisa gunakan ohm meter.
  2. Posisikan Probe ohm meter yang warna hitam (terhubung ke positif baterai ohm meter) dihubungkan ke kaki positif LED, dan probe merah  (terhubung dengan negatif baterai pada ohm meter). arahkan ke kamera, kalau hidup berarti LED masih bagus, mungkin hanya perlu dikencangkan solderan kakinya, kalau mati, berarti LED perlu diganti.




mungkin sobat bertanya tanya, gimana cara mengetahui kaki LED itu kaki positif atau negatif? sobatbee bisa lihat di dalam LED ada dua lempeng yang terhubung langsung ke kaki LED.Lempeng yang besar adalah kaki  negatif dan yang kecil adalah kaki positif. semoga bermanfaat,