Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang

Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang

Pengertian Penyearah Setengah Gelombang

Hi Sobatbee, Kali ini kita akan bahas tentang penyearah setengah gelombang. btw apa sih yang dimaksud dengan penyearah setengah gelombang itu ?, mungkin sobatbee ada yang tau...? Penyearah setengah gelombang merupakan rangkaian yang merubah Arus  Bolak Balik (Alternate Current) menjadi arus searah (Direct Curent). Rangkaian penyearah  menggunakan komponen penyearah berupa dioda rectifier ( dioda penyearah). Karena rangkaian ini hanya menyearahkan setengah gelombang saja, maka komponen penyearah yang dibutuhkan hanya satu, yang  biasanya dipasangkan pada sekunder transformator. sobatbee bisa lihat gambar rangkainnya ya, nanti akan kita bahas juga gimana prinsip kerjanya.

Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang dengan satu buah Dioda


Pada rangkaian di atas bisa sobatbee lihat bagaimana bentuk gelombang sebelum kaki anoda dioda dan gelombang setelahkaki katoda  dioda. Sobatee bisa lihat perbedaannya ya...
Bentuk gelombang sebelum dioda ( yang warna biru ) bentuknya masih berupa sinusoidal murni (utuh), sedangkan bentuk gelombang setelah dioda (yang warna merah ), bentuknya sinusoidal namun pada bagian negatifnya terpangkas. kenapa demikian...? sebuah dioda pada prinsipknya akan bekerja mengalirkan arus bila diberi bias maju (Forward bias). Setelah pada Titik kerja dioda (0,2-0,3 untuk bahan Germanium dan 0,6-0,7 untuk bahan silikon), maka dioda akan bekerja. Pada saat dioda diberi bias Forward, maka dioda tersebut tidak bisa mengalirkan arus. Berdasarkan konsep tersebut dapat dijelaskan kenapa output dari dioda terpotong pada sisi negatifnya, 

Prinsip Kerja Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang

Sinyal AC yang berbentuk sinusoidal pada periode pertama (Periode puncak positif) yang masuk ke komponen dioda yang dipasang secara Forward bias (bias maju) maka puncak positif ini akan dilewatkan oleh dioda, setelah melewati tegangan ambang kerja dari dioda tersebut, Pada periode berikutnya (Periode puncak negatif) yang masuk ke dioda akan dibias secara reverse bias (bias mundur) sehingga dioda tidak akan bekerja, sehingga sinyal negatif tidak akan diteruskan. Siklus tersebut akan terus berulang secara terus menerus.


Perhitungan Pada Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang

Vp  merupakan nilai maksimum dari puncak gelombang ( amplitudo)  yang didapat dari tegangan input dikurangi tegangan drop dioda selanjutnya dikalikan lima puluh persen. Adapun persamaan yang digunakan untuk menghitung besarnya Tegangan Puncak (VP) adalah.

Vp = Vin - 0,7 X 50% 


dimana     Vp : Tegangan Puncak
                 V in : Tegangan Input
                          Tegangan kerja dioda terbuat dari bahan silikon adalah 0,6 atau  0,7 Volt.

Sedangkan untuk mencari tegangan Effektif ( Vrms) dapat digunakan persamaan sebagai berikut:


Vp = Vrms x 1.414
Vrms = Vp x 0,7071 

dimana  Vrsm = Rata rata tegangan Dc dari magnitudo tegangan AC sinusoidal ( Tegangan effektif)
Untuk mencari tegangan DC ( Vdc) ada beberapa persamaan yang bisa digunakan yaitu :

Vdc = Vp/π
Vdc = Vp x 0.318
Vdc = Vrms x 0.45

Latihan Soal Perhitungan

Untuk memudahkan pemahaman sobatbee, kita coba latihan soal ya.
Sebuah Rangkaian Penyearah satu buah dioda dengan bahan silikon, memiliki input tegangan AC sebesar 15 Vola AC, hitunglah berapa besarnya Tengangan Puncak (Vp), Tegangan Efektif (Vrms) dan Tegangan dc (Vdc) ?

Penyelesaian :
Vp=  v in - tegangan drop dioda X  50%
      = 15 Volt - 0,7 X 50%
      = 7,15 Volt.

Vrms = Vp x 0,7071
         = 7,15 X 0,7071
         = 5,48 Volt.


Vdc = Vrms x 0,45
       =  5,48 x 0,45
       =  2,466 Volt dc

Pada penyearah setengah gelombang, tingkat stabilitas tegangan yang dihasilkan masih kurang bagus, masih banyak riak riak gelombang. Jika digunakan untuk mensuplay perangkat elektronika terutama audio, belum direkomendasikan. Sobatbee bisa mencoba rangkaian penyearah yang lebih stabil, yaitu penyearah gelombang penuh dan sistem bridge (jembatan), dengan penambahan rangkaian stabiliser.
Demikian, artikel tentang Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang, ..semoga bermanfaat. salam sukses.