Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Sistem Kendali Terbuka dan Penerapannya

Sistem Kendali Terbuka dan Penerapannya

Sistem kendali

Sistem kendali adalah sekumpulan alat yang digunakan sebagai pengendali, pemerintah dan pengatur keadaan dari sebuah sistem. Dalam kehidupan sehari hari kita tidak bisa terlepas dari dari perangkat atau alat yang memudahkan pekerjaan kita, baik peralatan itu yang bisa bekerja secara otomatis atau yang harus kita operasionalkan secara manual. Kontrol inilah yang disebut dengan system pengendalian, baik yang dikendalikan oleh manusia juga banyak sekali sistem kendali yang terjadi natural mulai dari elemen terkecil tubuh manusia hingga alam semesta yang kompleks. Manusia hidup tentu butuh system pengendalian, sesuatu objek perlu dikendalikan. tanpa sistem kendali, sebuah mobil tidak mungkin bias berjalan, pesawat tidak akan bias terbang dan satelit komunikasi tidak dapat beroperasi. 


Definisi Sistem Kendali Open Loop

Dari fenomena itu jelas sekali ya.. kita butuh kehadiran system pengendalian. Sobat bee, sekarang bisa dijelaskan apa sih definisi dari system kendali itu?. Sistem merupakan susunan, set atau sekumpulan sesuatu yang tersusun sedemikian sehingga membentuk sesuatu secara menyeluruh.


Sedangkan control adalah mengatur atau mengorganisir. Dari dua definisi tadi bisa kita tarik kesimpulan bahwa, sistem kendali merupakan suatu susunan komponen fisik yang terhubung sedemikian sehingga dapat memerintah, mengarahkan, atau mengatur diri sendiri atau sistem lain. Untuk pembahasan kita kali ini lebih fokus pada system pengendalian terbuka (open loop). 


Prinsip Kerja Sistem Kendali Open Loop

Pada system kendali terbuka peran dari seorang operator sangat dibutuhkan, yaitu sebagai masukan yang akan menghasilkan keluaran berupa tindakan yang kita inginkan. Sistem Kendali terbuka terdiri dari tiga bagian, yaitu 1. Input stimulus (desired Response) 2. Sistem Kendali 3. Output response ( Actual response) . Output dari sistem kendali terbuka adalah berupa action sebagai hasil respon dari masukan. Action ini hanya bisa dikontrol oleh masukan, yaitu seorang operator. Secara diagram blog dapat digambarkan sebagai berikut:







Aplikasi dari Sistem Kendali Terbuka

Penerapan dari sistem kendali terbuka banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari haro. Sebagian besar peralatan yang kita gunakan adalah sistem kendali terbuka.
  1. Mesin Cuci,  Sistem kendali terbuka yang paling sering kita jumpai adalah dalam penggunaan mesin cuci, pada saat knop Wash diputar, maka mesin cuci akan berputar untuk mencucu, pada saai knop drain di putar maka mesin cuci akan berhenti dan air akan dibuang lewat saluran pembuangan. Intinya proses pengendalian dimulai dari input : keinginan untuk mencuci, sedangkan system merupakan langkah langkah untuk mencapai tujuan berupa mesin cuci berputar .
  2. Kipas angin,  Penggunaan kipas angin merupakan salah satu contoh sistem kendali terbuka. Kipas angin alkan hidup saat ada orang menghidupkannya, dan akan berubah kecepatan jika ada orang yang mengubah kecepatan dari kipas angin tersebut.
  3. Televisi, dalam mengoperasikannya juga membutuhkan seorang operator, baik saat menghidupkan atau memindah chanel, mengeraskan dan melemahkan volume suara.
Demikian artikel tentang sistem kendali terbuka,  bila ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar.