Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Mengenal Komponen Kelistrikan Mesin Pendingin Showcase

Kelistrikan Showcase

Pernahkah kalian di siang hari yang panas, merasa haus saat berada di sebuah mall atau pusat perbelanjaan. Apa yang sobatbee akan lakukan.. tentu akan mencari minuman yang menyegarkan. sobatbee bisa mengambil minuman di lemari pendingin yang biasanya ada di setiap sudut ruangan. yah, minuman segar dalam lemari pendingin yang biasa disebut showcase. 

Showcase merupakan sebuah mesin pendingin yang ruang kabinnya memiliki temperature 4-6 deajat celcius. Showcase biasanya digunakan untuk menempatkan minuman dingin yang biasa kita jumpai  di supermarket. Showcase dikategorikan sebagai peralatan refrigerasi komersial karena biasanya peruntukan alat ini adalah untuk jualan/berdagang. Ada  perbedaan yang mendasar antara showcase dan kulkas biasa. Pada showcase terdapat kaca yang  terpasang pada pintu, sehingga makanan dan minuman yang ada didalamnya akan kelihatan dari luar.

showcase



Pada dasarnya kelistrikan pada showcase hampir sama dengan kelistrikan pada kulkas, namun ada bebrapa komponen yang ditambahkan terutama untuk showcase berkapasitas besar. 

Skema Kelistrikan untuk showcase 


kelistrikan showcase


  
Rangkaian kelistrikan show case diatas biasa digunakan pada showcase perusahaan perusahaan minuman nasional. Kapasitas pendinginannya cukup besar. Pada rangkaian tersebut terdapat beberapa  penambahan pada bagian kompresor, yaitu capasitor Run dan Capasitor starting, karena kompresor yang digunakan memiliki daya yang cukup besar. Showcase skala rumah tangga atau warung kecil biasanya menggunakan kompresor dengan daya rendah, sehingga komponen capasitor tidak digunakan. 

Komponen Komponen Kelistrikan Showcase  dan Fungsinya:


Stabilizer


stabilizer

Bagian stabilizer terdiri dari  dua bagian, yaitu
1.    transformator yang memiliki masukan 147 Volt – 220 Volt dengan keluaran 200 Volt – 220 Volt, Transformator ini akan merubah tegangan input menjadi teganganoutput yang lebih stabil.
2.    PCB Stabilizer 500 VA, merupakan rangkaian yang  mengendalikan transformator dalam mengibah tegangan. Pada rangkaian ini terdapat timer yang akan menutup saat tegangan input berada dalam range yang ditentukan, waktu kerja timer biasanya dalam 3 menit. Selama waktu tersebut PCB akan memantau tegangan input, jika tercapai rangenya, maka akan memerintahkan output untyuk mengeluarkan tegangannya.


LED Switching Power

power supplay
Merupakan komponen converter  Tegangan AC  ke  Tegangan DC. Komponen ini akan mengubah tegangan 220 Volt AC ke tegangan 12 Volt DC yang digunakan untuk mencatu lampu LED

Dellay Timer PCB


Dellay Timer PCB
Bagian ini akan memberikan jeda waktu penyalaan fan evaporator dan fan motor condenser agar mengurangi  lonjakan beban awal saat mesin pendingin showcase dihidupkan (soft star). Jeda waktu yang diberikan adalah 10 detik

Thermostat

Thermostat
Komponen ini merupakan saklar yang dipengaruhi oleh suhu di evaporator. Thermostat akan  mengendalikan titik cut on dan cut in pada compressor.  Jika suhu telah mencapai  nilai dibawah suhu refferensi ( Setting Suhu awal ) maka Saklar akan terputus dan kompresor akan berhenti bekerja

PTC ( Positive Temperature Coofesien)


PTC
Komponen PTC ini dipasangkan dibagian Kompressor,.Pada prinsipnya Nilai Hambatan akan naik pada saat temperature naik.  KOmponen ini berfungsi untuk   mencegah kompresor hidup langsung setelah mati, karena PTC membutuhkan waktu beberapa saat untuk menurunkan nilai hambatannya. PTC melindungi kompresor terhadap beban lebih pada saat star up yang disebabkan oleh ketidak seimbangan tekanan.

Overload


overload
Komponen ini dipasangkan di bagian kompresor beriringan dengan komponen PTC. Fungsi dari Overload adalah untuk melindungi kompresor dari beban berlebih karena adanya arus dan suhu yang diatas normal.


Capasitor.


capasitor


Capasitor starting dan capasitor running dipasangkan di bagian kompresor Starting Capasitor berfungsi memberikan beda fase pada kumparan starting dan memberikan gerakan awal pada putaran motor. Bekerjanya capasitor ini hanya sesaat saja.  Capasitor running berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dengan mengurangi factor daya. Pada sebagian showcase yang berkapasitas kecil, capasitor tidak diperlukan. Demikian artikel tentang kelistrikan showcase, jika ada diskusi bisa tuliskan di kolom komentar.