Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Pemasangan AC Split yang Benar, tidak Khawatir bocor.

Cara memasang ac split yang benar, Alat Alat Yang dibutuhkan

Pada saat kita membeli unit AC split, tentu tidak bisa langsung asal pasang saja, namun ada beberapa prosedur yang harus diikuti untuk mendapatkan fungsi yang optimal dari sebuah AC split. Pembelian AC split ini biasanya sudah satu paket dengan pemasangannya, namun jika kita tahu cara memasangnya,  alangkah baiknya kita pasang sendiri saja. Pemasangan AC split membutuhkan banyak peralatan yang harus dipersiapkan oleh seorang teknisi AC, diantaranya :

  1. Peralatan tangan yang meliputi : Kunci Pas, obeng Plus , minus, palu, kunci inggris, kunci L dan lain sebagainya.
  2. Flaring Tools 
  3. Pipe Blend ( Pembengkok pipa)
  4. Bor listrik
  5. Manifold gauge
  6. Tabung refrigerant beserta isinya
  7. Pompa Vacum
  8. Kompresor tembak ( untuk memberi angin pada saluran pemipaan: Proses cek Bocor)
  9. Clamp Meter atau Tang ampere.
  10. Duck Tape.
Setelah semua peralatan dipersiapkan, langkah yang berikutnya adalah menentukan posisi pemasangan AC split, arah jalur pipa, pemasangan indoor dan pemasangan out door. Buka dus yang berisi satu set AC split yang terdiri dari unit indoor, unit outdoor, bracket indoor, remote control .

Cara Pasang AC Split Bagian Indoor dan Outdoor

Cara Pasang Indoor AC

Indoor unit adalah bagian dari system AC split yang ditempatkan di dalam ruangan, Penempatan yang tepat akan berpengaruh pada kinerja dari AC split dalam mengkondisikan udara dalam sebuah ruangan.Premasangan unit indoo yang baik harus memenuhi aturan sebagai berikut :


Gambar 1. Jarak Pemasangan Indoor yang Benar
  1. Jarak minimal unit indoor dari langit langit adalah 15Cm
  2. Jarak minimal dari batas dinding adalah 20 cm
  3. Jarak minimal dari lantai adalah 2,3 m
indoor unit biasanya dilengkapi dengan bracket.  Pada saat pemasangan Bracket di dinding, gunakanlah waterpass agar posisinya dapat rata, tidak miring ke kanan atau ke kiri.


Pemasangan Bracket Indoor
Gambar 2. Pemasangan Bracket Indoor Unit

Gunakan WaterPass yang ada magnetnya, biar melekat dengan pas.. Setelah posisi bracket dirasa tepat, pasangkan sekrup dengan Friser ke lima bagian, yaitu Tengah atas, Kanan atas dan bawah, serta kiri atas dan bawah, seperti pada gambar berikut:

Posisi sekrup bracket

Gambar. 3 Posisi Sekrup untuk bracket indoor

sedangkan cara pembuatan lobang untuk sekrup dengan Fisher menggunakan bor dengan kedalaman kurang lebih 32 mm dan diameter 4,8 mm, dapat dilihat pada gambar berikut :
Pemasangan Lobang friser
Gambar 4. Pemasangan Lobang untuk Fisher

Setelah bracket dipasang dengan posisi yeng tepat, serta telah di sekrup dengan kencang,  langkah berikutnya adalah memasang unit indoor ke bracket tersebut.nLihat bagaimana cara pemasangan indoor yang benar.
Gambar 5. Cara Memasang Indoor Unit ke Bracket 

Dalam pemasangan unit indoor yang tidak boleh dilewatkan adalah pembuatan lobang pada tembok untuk pipa, saluran pembuangan air dan kabel penghubung. Pembuatan lobang harus dengan posisi agak miring seperti pada gambar berikut :
Gambar 6. Lobang dinding Untuk Pipa, Kabel dan Saluran buangan air

Cara Memasang Outdoor AC

Outdoor unit pada sebuah AC Split berbentuk satu kotak yang berisi Compressor, kondensor, Fun condensor. Bagaimana cara memasang unit outdoor yang benar. Usahakan dalam memasang outdoor tidak terlalu jauh dengan unit outdoor karena akan berpengaruh pada pemasangan pipa dan juga efek pendinginannya. Pasanglah outdoor dengan dua buah bracket secara sejajar dan posisinya jangan miring ke kanan atau ke kiri. Gunakan Waterpass dalam pemasangan bracket outdoor ini.


Gambar 7. pemasangan outdoor unit di dinding 

Dalam pemasangan outdoor ada beberapa ketentuan yang harus diikuti, yaitu penempatan jarak kanan, kiri atas dan bawah. Bila ditempatkan di atas, maka batas minimal dengan langit langit atap adalah 80 cm. Jarak dengan tembok minimal 30 cm. Pada sisi outdoor yang terdapat saluran pipa ke indoor berjarak minimal 40 cm, sedangkan kipas kondensor harus memiliki ruangan yang dapat membuang panas dengan jarak minimal 60 cm.Ketentuan ini tidak berlaku mutlak jika kondisi medan yang tidak memungkinkan, yang terpenting adalah sirkulasi yang baik disekitar Fun condensor. 


Gambar 8. Aturan Jarak Penempatan outdoor yang baik

Pemasangan Instalasi Pemipaan

Setelah kedua unit terpasang dengan baik, langkah berikutnya adalah memasang instalasi pemipaan AC split. Pipa yang digunakan ini terbuat dari tembaga yang lunak dan sudah dilengkapi isolasi panas. Ukuran yang digunakan ada dua macam, yaitu :
  • Pipa dengan diameter besar ( Biasanya 3/8 inchi), digunakan untuk saluran hisap ( Suction Line)
  • Pipa dengan diameter Kecil ( Biasanya ¼ inchi). digunakan untuk saluran tekan (dischange line)
Pemasangan pipa ini jangan sampai tertekuk, karena akan berpengaruh pada sirkulasi refrigerant.


Gambar  9, Pipa yang digunakan ukuran besar dan kecil

Sebelum pipa dipasangkan dalam instalasi AC split, harus di dilebarkan dengan alat yang disebut flaring tool. Bagaimana cara memasang pipa ke unit indoor dan outdoor agar tidak bocor dan terlihat rapi. berikut ini langkah langkahnya

Gambar 10 Proses Flaring dan Pemasangan Mur yang tepat

  1. Potonglah  pipa ukuran  ¼” dan 3/8” dengan panjang yang telah ditentukan berdasarkan jarak antara indoor dan outdoor  menggunakan cutter tube
  2. Bersihkan ujung-ujung pipa dengan menggunakan reamer agar rata. Posisi penggunaan reamer harus tepat, yaitu agar kotoran tidak masuk ke dalam pipa.
  3. Bukalah  dua buah mur napple yang berada di pipa-pipa bagian indoor dan dua buah mur napple yang ada pada kran 2-way dan 3-way pada bagian  outdoor
  4. Masukkan napple 3/8” pada pipa 3/8” dan napple ¼” pada pipa ¼”
  5. Flaring ujung-ujung pipa 3/8” dan pipa ¼” menggunakan flaring tools
  6. Pasangkan pipa-pipa tersebut pada drat napple pipa indoor dan kencangkan dengan menggunakan dua buah kunci inggris (teknik menggunting)
  7. Pasangkan ujung lain dari pipa-pipa tersebut pada kran 2-way dan 3-way outdoor dan kencangkan dengan menggunakan dua buah kunci inggris
Gambar 11 Cara mengencangkan nut yang benar dengan dua kunci inggris
sumber gambar : Modul Sistrm instalasi tata udara 3

Cara Pasang Kabel AC indoor ke Outdoor

Pemasangan kabel pada instalasi AC split sangat penting dan jangan sampai terbalik. perhatikan standar kabel yang digunakan, sesuaikan dengan besarnya PK dari AC yang kita pasang. Berikut ini langkah langkah untuk memasang kabel pada instalasi AC split :

Pemasangan Kabel AC


Gambar 12, Pemasangan Kabel pada unit indoor Ac Split

Bukalah tutup unit indoor dan perhatikan komponen PCB, biasanya ada tulisan 1, 2 atau N, L
  1. Masukkan kabel power dari unit outdoor melewati lubang bersamaan dengan pipa AC ke bagian terminal pada indoor unit yang tempatnya ada di bawah PCB. 
  2. Kabel warna hitam dihubungkan pada teminal no 1, sementara kabel berwarna biru ke terminal no 2, sedangkan kabel kuning dihubungkan ke ground. Kencangkan dengan obeng.

Cara Cek Kebocoran AC Split

Pengecekan kebocoran pada instalasi pemipaan mutlak dilakukan, karena jika terjadi kebocoran kecil saja, maka akan menyebabkan refrigeran cepat habis dan otomatis AC tidak akan dingin lagi. Cara pengecekan kebocoran adalah dengan menggunakan kompresor tembak, cairan sabun dan detector leak. Prosedurnya sebagai berikut:
  1. Hubungkanlah selang pada manifold gauge ke pentil pengisian pada 3-way outdoor, hubungkan selang yang lain dengan kompresor tembak
  2. Bukalah kran biru pada manifold gauge dan hidupkan kpmresor tembah.Amati meter pada manifold gauge sampai tekanan menunjukkan 150 psi.
  3. Tutuplah kran biru pada manifold gauge dan segera matikan kompresot tembak.
  4. Gunakan kuas dan  cairan sabun untuk mengoles pada bagian napple, amatilah dengan cermat apakah muncul gelembung sabun?
  5. Bila ada gelembung sabun, berarti ada kebocoran pada sambungan napple tersebut. Kencangkan lagi napple dengan kunci inggris. Lakukan pengecekan lagi dengan air sabun
  6. Jika masih dijumpai gelembung sabun, bukalah napple. cek kualitas flaringnya, apakah miring atau  retak.potonglah  pipa tersebut dan lakukan flaring ulang.
  7. Pasng kembali napple dengan kencang, lakukan pengecekan kebocoran lagi seperti langkah di atas.
  8. Bila sudah tidak dijumpai gelembung sabun dan tekanan pada meter tetap, misalnya 150 psi. maka cek kebocoran sudah selesai, untuk lebih memastikan lagi, bisa digunakan detector leak. Setelah proses cek kebocoran selesai, bukalah kedua kran pada manifold gauge untuk membuang angin.

Cara Vakum AC Split

Metode vacum ini dilakukan saat nepel AC telah terpasang dengan posisi katup masih tertutup. Bagaimana prosedur vacum yang benar, berikut caranya :
  1. Siapkan alat dan bahan, yaitu : manifold gauge, mesin vacum dan kunci L
  2. Pasangkanlah selang manifold gauge ( selang yang biasa digunakan untuk mengisi freon pada pentil outdoor), sedangkan selang yang satunya dihubungkan ke mesin vacum.
  3. setelah selang terpasang, buka katup manifold, hidupkan mesin vacum
  4. Proses Vacum sudah dimulai, biarkan 15 Menit sampai 30 menit
  5. Jika Proses pemvacuman telah selesai yaitu dengan indikasi tekanan -30 Psi, tutup katup manifold dan matikan mesin vacum
  6. Perhatikan tekanan pada manifold, jika terjadi kenaikan, maka kebocoran masih terjadi pada pemipaan, namun jika sudah tidak terjadi kenaikan tekanan, proses vacum sudah selesai.
Adakalanya pemasangan AC tanpa melalui proses Vacum. Bagaimana cara pasang ac split tanpa vakum?, Caranya sebenarnya mudah, yaitu dengan membuang angin yang ada pada kompresor, dan angin yang ada pada pipa dengan mengalirkan refrigeran. Syaratnya, pada pemasangan pemipaan jangan sampai terjadi kebocoran. Jadi pada intinya pemvacuman tanpa mesin vacum yaitu dengan mendorong angin pada sistem pemipaan menggunakan refrigeran yang ada pada outdoor.

Menghidupkan Unit AC Split

Sebelum menghidupkan unit AC, terlebih dahulu periksa semua pipa pipa, pastikan sudah tidak ada lagi kebocoran.
  1. Siapkan remote AC untuk menghidupkan unit.
  2. Bukalah penutup kran 2 way kemudian  3 way menggunakan kunci inggris
  3. Bukalah Valve pada kran 2 way ( kran tekan-dischange) menggunakan kunci L, amatilah penunjukan jarum pada manifold meter tekanan rendah (warna biru)
  4. Bukalah valve pada kran 3 way ( kran hisap-sucsion) menggunakan kunci L
  5. Hubungkan steker pada sumber listrik PLN
  6. Hidupkan AC dengan remote AC, setting suhu, fan speed dan swing AC
  7. Pasangkan  penutup keran 2 way dan 3 way
  8. Perhatikan Unit indoor dengan membuka penutup blower, pastikan blower berputar dengan normal.
  9. Perhatikan unit outdoor, pastikan compressor bekerja  dan fun kondensor berputar dengan normal
  10. Perhatikan tekanan pada manifold gauge. Tunggu kurang lebih 5-10 menit,  jika tekanan kurang dari yang dipersyaratkan, tambahkan refrigerant. Standar tekanan  refrigrant berdasar temperatur evaporasi dapat dikonversi ke tekanan kerja.
    • Untuk jenis refrigerant R-410a dan R-32 ( 0 derajat = 8,97 bar sampai 10 derajat = 11 ,8 bar). Jadi rentangnya dari 8,97 sampai dengan 11,8 bar atau dalam satuan psi : 130,5 sampai 174 psi.
    • untuk penggunaan refrigeran jenis R-22 tekanan yang diperbolehkan adalah antara 65 psi sampai dengan 70 Psi.
  11. Ukur arusnya dengan Clamp meter ( tang ampere). pada bagian Kabel fase outdoor. (Standar arus yang mengalir dapat dilihat di nameplate unit outdoor)
    • AC Ukuran 0,5 PK sekitar 2,2 A, 
    • AC Ukuran 3/4 Pk sekitar 3,2,
    • AC ukuran 1 PK sekitar 4,3 A.

Perapihan

Setelah semua proses dilaksanakan dan unit bekerja dengan normal, langkah terakhir adalah merapikan kabel, pipa dan selang pembuangan.
  1. Siapkan jalur pipa pembuangan  air ac  dengan memasang selang pembuangan. Buatlah saluran air yang tida langsung menempel ke dinding, karena air yang mengalir bisa menyebabkan tumbuhnya lumut pada dinding. Usahakan pembuangan air bisa langsung masuk ke siring atau selokan.
  2. Pasanglah   busa vinyl (Vinyl Foam)  pada pipa ¼” dan 3/8” dan balutlah dengan  Duct tape untuk membungkus pipa, kabel balikan dan pipa pembuangan air ac menjadi satu
  3. Pastikan semua terbungkus dengan rapi. AC siap untuk digunakan, 
Bagi para teknisi AC, agar dapat memiliki standarisasi kompetensi yang diakui oleh lembaga sertifikasi Profesi (LSP)  tidak ada salahnya untuk memahami KKNI II yang dokumennya bisa di unduh disini, 

Demikianlah artikel tentang Cara memasang AC Split Baru. Jika sobatbee mau memindahkan AC yang sudah terpasang, bisa dilakukan, namun sebelumnya harus di pump down dulu supaya refrigeran bisa tertampung. Untuk mengetahui  cara bongkar pasang ac split tanpa membuang freon sobat bisa baca artikel : Cara Pumdown AC Split, Hemat refrigeran  Semoga bermanfaat. Jika ada diskusi bisa sampaikan di kolom komentar