Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Pump Down Ac Split, Hemat Refrigeran

Pump Down AC

Pump down AC Split merupakan proses penyimpanan refrigerant ke dalam bagian outdoor. Proses pump down ini dilakukan bila sebuah unit AC split yang telah dipasang akan dibongkar dan dipindahkan ke tempat lain. Tujuan dari pump down ini adalah untuk menghemat penggunaan refrigerant, karena dengan ditampungnya refrigerant ke dalam unit outdoor, kita tidak perlu menambahkan banyak refrigerant, mungkin hanya menambahkan sedikit saja. Pada unit outdoor AC Split terdapat beberapa komponen utama, yaitu
Published from Blogger Prime Android App
Gambar 1. Cek tekanan dengan manifold gauge. 
Sumber gambar : www.ciptasolusielektrindo.com
  1. Kompresor, berfungsi untuk membuat refrigerant bersirkulasi ke system
  2. Kondensor, berfungsi sebagai pelepas kalor
  3. Filter, untuk menyaring refrigerant agar olinya tidak ikut bersirkulasi.
  4. Pipa kapiler, menurunkan tekanan pada refrigerant
  5. Kipas Kondensor, berfungsi untuk menghembuskan angin dalam proses pembuangan kalor.
Komponen komponen tersebut tersusun secara rapi di dalam sebuah outdoor AC, yang sebenarnya masing masing saling berhubungan. Pemipaan di dalam unit outdoor dilengkapi dengan dua buah keran ( valve) yang digunakan untuk antar muka dengan komponen diluar outdoor, yaitu:

3 Way valve
Gambar 2. 3 Way Valve, 2 Way Valve dan pemasangannya dalam unit Outdoor
 
  1. Keran 3 Way ( 3 way valve), memiliki tiga buah saluran yang terhubung ke bagian evaporator, ke bagian kompresor dan satu saluran lagi yang terhubung ke luar untuk tempat pemasangan manifold gauge dan saluran pengisian refrigerant.
  2. Keran 2 Way (2 Way Valve) ,mempunyai dua saluran, saluran yang pertama ke pipa kapiler dan saluran kedua menuju ke bagian evaporator

Prinsip Pump Down

Pada dasarnya proses pump down harus dilakukan dengan waktu yang cepat dan tepat. Prosedur pump down merupakan proses menutup keluaran (2 way valve) outdoor dalam waktu sesaat, setelah refrigerant masuk ke unit outdoor kemudian menutup bagian masukan dari outdoor (3 way valve).  Penyimpanan refrigeran ke dalam unit outdoor harus dilakukan dengan tuntas agar saat pemindahan unit tidak ada refrigeran yang tersisa, sehingga mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Cara Pump Down AC yang benar.

Proses pump down merupakan salah satu tahap awal sebelum memindahkan unit AC. Proses ini harus dilakukan dengan cara yang benar. Pump down dapat dilakukan dengan dua cara:
Pump down dengan menggunakan manifold Gauge.


Pump Down AC Split
Gambar 3. Proses Pump Down AC Split


Cara Pump Down AC  dengan Manifold

proses pump down dengan manifold menggunakan tekanan sebagai indikatornya, prosesnya sebagai berikut :
  1. Hidupkan unit AC split hingga outdoor bekerja, ditandai dengan fun condensor berputar dan kompresor bekerja.
  2. Bukalah kedua keran penutup keran ( 2 way dan 3 way). 
  3. Siapkan kunci L yang ukurannya sesuai
  4. Bila outdoor sudah bekerja, pasangkan manifold gauge (Low Pressure) warna biri pada Saluran 3 Way. Perlu diperhatikan, jangan memasang manifold saat kompresor belum bekerja, karena tekanan pada kran 3 way ini akan sangat tinggi.
  5. Tutuplah keran 2 Way  menggunakan kunci L, dengan memutar ke arah jarum jam (Kanan). Pastikan keran sudah tertutup dengan rapat.
  6. Perhatikan jarum pada manifold Gauge, setelah menunjukan ke titik vacum, tutuplah kran 3 way dengan kunci L searah dengan jarum jam ( Ke kanan), Pastikan keran tertutup dengan rapat.
  7. Matikan unit AC split.
  8. Proses pump down dengan manifold selesai dan unit AC siap untuk dibongkar dan di pindahkan.

Cara pump down AC tanpa Manifold

Proses pump down bisa dilakukan tanpa menggunakan manifold gauge. Pada proses pump down ini, kita harus memiliki pengalaman dan feeling yang baik. Langkahnya sebagai berikut:
  1. Hidupkan unit AC split hingga outdoor bekerja, ditandai dengan fun condensor berputar dan kompresor bekerja.
  2. Bukalah kedua  penutup keran ( 2 way dan 3 way). 
  3. Siapkan kunci L yang ukurannya sesuai
  4. Tutuplah keran 2 Way  menggunakan kunci L, dengan memutar ke arah jarum jam (Kanan). Pastikan keran sudah tertutup dengan rapat.
  5. Rasakan udara yang keluar dari fun kondensor dengan menggunakan tangan. Jika angin yang keluar sudah tidak hangat, tutuplah keran 3 way menggunakan kunci L searah jarum jam ( Ke kanan). Pastikan keran tertutup dengan rapat
  6. Matikan Unit AC Split
  7. Proses Pump down telah selesai, dan unit AC split dapat dibongkar untuk dipindahkan.
Kedua metode pump down di atas masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk Pump down dengan manifold gauge, kelebihannya dapat memastikan refrigeran telah masuk dengan indikator jarum manifold ke vacum, kekurangannya adalah, harus menggunakan alat manifold gauge.

Untuk pump down tanpa manifold gauge, kelebihannya  dapat dilakukan tanpa harus memasang manifold gauge, kekurangannya, untuk memastikan refrigeran hanya dengan feeling, sehingga perlu menambah jam terbang untuk bisa tau bahwa refrigeran sudah benar benar masuk ke unit out door.
demikianlah artikel tentang cara pump down ac split, semoga bermanfaat. Jika ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar.