Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Sambungan pipa tembaga dan Pipa Kapiler Pada Kulkas

Sambungan Pipa Tembaga

Proses menyambung pipa merupakan salah satu proses yang tidak bisa dilewatkan bila sobat mau memperbaiki kulkas atau mengisi freon pada kulkas. Proses penyambungan pipa tembaga memerlukan media berupa mesin las dan bahan tambah agar pipa tersambung dengan baik

Apa itu Brazing?

Brazing merupakan proses penyambungan dua buah atau lebih logam, baik dari jenis yang sama maupun yang berbeda. Proses penyambungan ini dengan bahan tambah dengan titik cair jauh lebih rendah dari titik cair logam yang akan disambung. Brazing juga disebut soldering.

Apa itu Welding?

Welding merupakan proses penyambungan dua buah atau lebih logam baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis dengan alat pemanas temperatur yang sangat tinggi, sehingga dapat mencairkan kedua logam tersebut, sehingga dapat disatukan.

Metode Pengelasan

Cara pengelasan yang sering digunakan untuk proses brazing dan welding ada dua
  1. Pengelasan dengan gas Oksi Asitelin,metode ini digunakan untuk penyambungan bahan bahan yang lunak, seperti pipa tembaga.
  2. Pengelasan Listrik., metode ini digunakan untuk penyambungan pada bahan keras, seperti besi.

Gambar 1. pemipaan Kulkas

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menyambung tembaga pada pemipaan kulkas menggunakan pengelasan gas Oksi asitelin. Metode las ini menggunakan oskigen dan gas asitelin sebagai bahan bakarnya. Bagaimana menggunakan las oksi asitelin yang benar? sobatbee harus paham dulu apa nyala karburasi, nyala netral dan nyala oksidasi.



Gambar 2. Nyala Api pada Las jenis Oksi Asitelin

  1. Nyala api netral merupakan jenis nyala api yang memiliki tekanan gas asitelin dan oksigen yang seimbang, sehingga menghasilkan nyala api yang ideal untuk proses pengelasan.
  2. Nyala karburasi atau nyala asetilen lebih merupakan jenis nyala api yang memiliki tekanan gas asitelin lebih besar dibanding gas oksigen. 
  3. Nyala oksidasi  atau nyala oksigen lebih merupakan jenis nyala api yang memiliki tekanan oksigen  lebih besar dibanding gas asitelin.

Cara menyambung Pipa Tembaga ukuran sama (1/4-1/4)?

Penyambungan pipa pada kulkas diperlukan saat akan dilakukan proses pengisian refrigeran ke dalam sistem refrigerasi. Pipa yang digunakan biasanya ukuran 1/4 inchi dengan pipa yang sudah terpasang pentil. Langkah yang harus dilakukan dalam penyambungan pipa ini adalah :

  1. Siapkan pipa yang akan disambungkan. lebarkan kedua ujung pipa dengan alat Swagging tools. 
  2. Masukkan pipa ke dalam pipa yang sudah di swaging dengan tepat dan benar benar harus lurus
  3. Lakukanlah pengelasan dengan nyala api yang sesuai, jangan terlalu dekat dengan benda yang dilas, sekitar 1 sampai 2 cm dengan sudut kemiringan 30-40 .
  4. Nyalakan las oksigen asitelin dengan cara membuka dulu keran gas, nyalakan dengan korek, kemudian baru buka keran oksigen pelan pelan. Perhatikan nyala api las, pastikan nyala apinya netral.
  5. Panasi benda secara merata. jika warna pipa tembaga sudah berpijar kemerah merahan, berilah kawat las ( bahan tambah) ke salah satu titik sambumbungan saja. Bila pemanasannya baik, maka akan mengalir ke seluruh bagian
  6. Bila proses pengelasan telah selesai, dinginkan pipa dengan kain basah.
  7. Matikan Las Oksi asitelin dengan memutar kran gas, baru kemudian keran oksigen.
  8. Bersihkan kedua ujung pipa dari kotoran.
  9. Setelah sambungan pipa 1/4 dengan pipa yang terdapat pentil selesai, sobatbee bisa lanjutkan dengan penyambungan pipa dengan bagian kompresor pada saluran hisap (Suction line), dengan prosedur dan proses yang sama

 Cara menyambung Pipa kapiler kulkas

Pada bagian kulkas terdapat filter yang berfungsi menyaring refrigeran agar oli tidak ikut bersirkulasi, dan pipa kapiler yang berfungsi menurunkan tekanan dari bagian kondensor. Bila pipa kapiler mengalami buntu, maka, mengganti pipa kapiler kulkas bisa jadi solusinya. Namun  jika masih diupayakan untuk memeriksa lokasi yang buntu, maka proses penyambungan bisa dilakukan. Pipa kapiler erat kaitanya dengan bagian filter, proses penyambungan dengan pipa kapiler harus dilakukan dengan hati hati.. Jangan sampai terlalu panas dan hindarkan pipa kapiler dari serpihan serpihan logam atau debu, karena akan menyebabkan kapiler mampet. Bagaimana Proses pemasangan pipa 1/4" dan kapier yang baik? berikut ini langkah langkahnya:


Gambar 3. Posisi las pipa kapiler

  1. Bersihkan kedua ujung bagian pipa  yang akan disambungkjan dengan pipa kapiler
  2. Masukkanlah ujung dari pipa kapiler kedalam pipa ukuran 1/4" kurang lebih sedalam 1,5 cm.
  3. Jepitlah pipa ukuran 1/4" tadi dengan tang kombinasi.
  4. Lakukan pemanasan yang merata pada sekitar sambungan pipa dengan kapiler. Jika warna sudah kemerah merahan, berilah kawat las ( bahan tmbah) ke salah satu titik saja, jika pemanasannya bagus maka kawat las tersebut akan tersebar secara merata.
  5. Jika proses pengelasan telah selesai, bersihkan pipa dengan kain basah. 
Demikian, artikel tentang cara menyambung pipa dalam kulkas, semoga bermanfaat.