Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Mesin Cuci Bising dan ada suara seperti memukul

Mesin Cuci suara Berisik saat Mengeringkan?

Menggunakan mesin cuci, kadang muncul suara suara yang tidak enak untuk didengar, seperti bising dan memukul mukul. Apa yang sebenarnya terjadi? Pada mesin otomatis 1 tabung, proses pencucian dan pengeringan terjadi dalam satu tempat, sehingga sirkulasi air harus tepat pada saat mencuci. Ada beberapa sebab yang dapat menimbulkan suara bising saat mesin cuci dioperasikan.

mesin cuci 1 tabung
Gambar 1. Mesin Cuci Satu Tabung

Adanya ketidak seimbangan beban cucian dalam tabung mesin cuci.

Bila beban cucian terlalu sedikit maka yang terjadi adalah bak cuci atau tabung cuci akan berputar dengan cepat selama siklus berputar.Bak cuci akan tidak seimbang sehingga akan menimbulkan suara menabrak, Pada saat mencuci sebaiknya perhatikan jumlahnya dan posisi penempatan pakaian atau baju yang tepat. Pada pencucian dengan beban berlebih juga biasanya menimbulkan suara yang gaduh. Solusinya : cucilah baju di mesin cucui dengan kapasitas yang disarankan, jangan terlalu sedikit atau beban berlebih.

beban pencucian
Gambar 2 . Beban pencucian pada Mesin Cuci 1 tabung


Periksalah baut baut pada mesin Cuci

Baut yang digunakan untuk mengencangkan bagian bagian tertentu dalam mesin cuci mungkin ada yang kendor. Cek senua baut yang ada. Bila kurang kencang maka akan menimbulkan getaran dan suara yang bising karena adanya gesekan pada bagian mesin cuci, solusinya, segera kencangkan semua baut yang ada, jangan sampai ada baut yang terlepas atau kendor.

Gambar 3, Proses Pengencangan Baut Pada Mesin cuci

Pastikan Posisi Mesin di tempat datar

Penempatan mesin cuci yang tepat akan berpengaruh pada kinerja. Suara bising bisa disebabkan karena penempata mesin cuci yang tidak pas. Sobatbee bisa menempatkan mesin cuci pada tempat yang rata. Bila Posisi mesin di tempatkan pada tempat yang rata, maka akan meminimalkan goncangan pada mesin.



Gambar 4. Posisi Mesin cuci yang tepat
Sumber Gambar : samsung.com

Kaki kaki mesin pencuci diupayakan menyentuh lantai dengan baik, jangan ada yang menggantung atau berat sebelah. Lantai yang rata sangat berpengaruh pada posisi mesin , sehingga dapat benar benar menyentuh lantai.



penempatan kaki mesin cuci
Gambar 5. Penempatan kaki mesin cuci yang benar
Sumber gambar : samsung.com

Demikianlah artikel tentang : mesin cuci bising dan ada suara seperti memukul, semoga bermanfaat. Jika ada diskusi, silakan tulis di kolom komentar.