Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci berputar Pelan

Pengering Mesin Cuci berputar Pelan

Mesin pengering merupakan bagian penting dalam sebuah mesin cuci. Tanpa adanya mesin pengering, baju yang kita cuci akan sangat lama keringnya. Bagaimana jadinya, jika mesin pengering tidak mau bekerja dengan normal.? Tentu sobatbee akan merasa sedikit terganggu dalam aktifitas mencuci baju. Ada beberapa sebab yang membuat mesin pengering berputar tidak normal atau pelan,


mesin cuci dua tabung
Gambar 1. Mesin Cuci 2 tabung

Mengetahui Kelistrikan Mesin Cuci

Sebelum masuk pada pencarian kerusakan, ada baiknya sobatbee memahami dulu diagram kelistrikan dari sebuah mesin cuci, biar pengecekannya lebih mudah dan sistematis.

kelistrikan mesin cuci
Gambar 2. Kelistrikan Mesin Cuci Merk LG 2 tabung
Sumber  Gambar : Name plate Mesin Cuci LG 

Perhatikan gambar kelistrikan mesin cuci di atas. Pada bagian mesin pengering terdapat 1 kapasitor yang biasanya bernilai sekitar 4-5 Micro Farad. Sebelum terkoneksi ke sumber tegangan juga terdapat 1 buah timer pengering. Setelah memahami kelistrikan mesin cuci tersebut sobatbee dapat menemukan penyebab penyebab dari pelannya mesin pengering pada mesin cuci 

Penyebab Pengering Berputar Pelan

Ada Baju atau celana dalam yang terselip di sekitar pengering.

Factor penyebab ini sebenarnya hanya berdasarkan pengalaman penulis, dimana saat mengeringkan baju ternyata putaran dinamonya tidak normal. Saat di cek disekitar tabung pengering ternyata ada celana dalam yang terbelit disana. Solusinya, ambil celana tersebut dengan tangan sambil tabung ditarik sedikit. Jika tangan tidak dapat masuk disela sela tabung, bisa gunakan kawat kecil.

Motor Pengering Lemah

Melemahnya dinamo pada motor pengering disebabkan oleh adanya gulungan yang mulai terbakar, Untuk memastikannya, sobatbee dapat mengecek spul atau gulungan tersebut menggunakan ohm meter. Bagaimana cara mengeceknya? Perhatikan gambar 3 di bawah ini. Pengecekan spul dapat menggunakan ohm meter, yaitu dengan menghubungkan probe merah pada kakai kapasitor pengering dan prope hitam pada kaki kapasitor pengering yang satunya. Amati jarum pada ohm meter. Jika masih menyimpang jauh berarti kondisi spul masih normal ( tidak putus). untuk lebih jelasnya penggunaan ohm meter dapat dibaca disini.

Cek Spul dinamo
Gambar 3. Cara ngecek Spul Dinamo Motor Pengering

atau terlalu banyak beban pakaian yang dikeringkan juga dapat menyebabkan putaran motor mesin pengering melemah, solusinya adalah dengan mengurangi pakaian yang kana dikeringkan.


Kapasitor rusak  atau berkurang nilainya

Putaran mesin pengering yang lemah juga bisa desebabkan karena nilai kapasitansi kapasitor yang menurun, atau kapasitor yang rusak. Bagaimana cara mengetahui apakah kapasitor tersebut rusak atau tidak sobatbee bisa gunakan alat capasitor meter. Ukurlah nilai kapasitor dengan capasitor meter, Gunakan batas ukur yang sesuai, Pengukuran capasitor mesin cuci nilainya berkisar antara 4-7 micro farad, maka gunakanlah skala yang mendekati, misalnya skala batas ukur di atur pada posisi 10 Micro farad.

Rem tidak menarik sempurna

Pada dinamo spin mesin cuci dua tabung terdapat rem sebagai penahan putaran pada saat kita membuka pintu tabung. Jika rem terlalu rapat maka kalian bisa mengukur dudukan setelan rem ke posisi agak jauh sehingga rem agak sedikit menjauh dari poly dinamo.

Seal rusak

Seal pada pengering berguna sebagai penahan rembesan air dari tabung dalam pengering. Bagian tengah seal seperti bulatan besi dengan lubang persis ditengah sebagai masukan ass tabung, jika bagian tengah ini agak bocor maka akan membuat aus dan menjadi karat. Jika sudah karat begini maka akan menahan putaran tabung dan membuat perputaran dinamo menjadi berat. Ini yang membuat dinamo berputar pelan.

Posisi pakaian tidak rata

Yang menjadi kekurangan mesin cuci manual dua tabung adalah ribetnya menggunakan pengering. Karena jika posisi pakaian yang mau di keringkan berada pada posisi yang miring atau berat sebelah, maka akan mengganggu kerja pengering tersebut. Umumnya mengeluarkan suara berisik karena benturan tabung dan membuat putaran menjadi lemah tak bertenaga. Oleh sebab itu penting sekali sobatbee memastikan pakaian yang akan di keringkan dalam posisi yang rata. Usahakan juga jangan terlalu banyak beban

Demikianlah artikel tentang : Cara mengatasi Pengering yang berputar Pelan, semoga bermanfaat, jika ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar.