Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Precision Air Conditioning (PAC), kelebihan dan Fungsinya

PAC Precision Air Conditioning (PAC)

PAC Precision Air Conditioning adalah sebuah sistem pengkondisian udara yang memiliki spesifikasi dan tingkat akurasi tinggi. Penggunaan PAC biasanya untuk tempat ruangan komputer, ruang telekomunikasi, ruang obat obatan daan ruang ruang pengujian yang sensitif. 

PAC

Gambar 1. Precision Air Conditioner (PAC)
Sumber Gambar :  www.elmarco.com

Kelebihan Precision Air Conditioning

PAC memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sistem pengkondisian udara yang lain, diantaranya :

Memiliki Keakuratan dalam pengontrolan Temperatur dan kelembapan sebuah ruangan.

AC presisi mengontrol temperatur dan juga kelembapan sesuai spesifikasi dari perangkat yang akan di kondisikan. PAC dilengkapi dengan alat pelembab udara (Humidifier) dan pemanas (heater). Kenapa PAC harus dilengkapi alat tersebut? Pada saat ruangan terlalu lembab akan terjadi pengembunan, alat heater akan bekerja untuk menaikkan temperatur, sedangkan pada saat udara terlalu kering, humidifier akan bekerja untuk menaikkan kelembapan udara dalam ruangan tersebut. Peralatan elektronik dalam ruangan sangat berpengaruh pada kelembapan, dengan adanya humidifier dan heater akan menjaga peralatan elektronik dan komputer dari debu debu jika udara kering dan embun jika kelembapan terlalau tinggi.

Kualitas udara yang disirkulasikan lebih baik

PAC beroperasi pada aliran udara yang tinggi, yaitu 160 cfm/KW atau bisa jadi lebih dari itu. Tujuan dari sirkulasi udara yang tinggi ini adalah untuk meningkatkan distribusi udara dalam suatu ruangan.

Jam operasional unit yang non stop

Penggunaan PAC sangat penting di ruangan ruangan yang berisi data penting, misalnya data center pada ruang telekomunikasi yang harus selalu hidup 24 jam tanpa henti. AC presisi ini didesain untuk keperluan tersebut. Jika terjadi kerusakan pada PAC dan dilakukan trouble shooting, maka dalam ruangan tersebut sebaiknya disediakan PAC back-up untuk menanggulangi hal tersebut.

Fungsi dari Precison Air Conditioning

Pada dasarnya sebuah Precision Air Conditioner memiliki beberapa fungsi utama yaitu :

Pendinginan (Cooling)

Proses pendinginan ini akan terjadi saat suhu ruangan melebihi suhu set poin di luar batas sensitifitasnya Proses ini dilakukan pada bagian evaporator dalam suatu siklus pendinginan.

Pemanasan (Heating)

Proses ini akan terjadi pada saat suhu ruangan lebih rendah dari suhu set poin di luar batas sensitifitunya. Pemanasan dilakukan oleh bagian pemanas (heater)

Pengeringan ( Dehumidifying)

Proses pengeringan ini akan terjadi bila kelembapan di suatu ruangan terlalu tinggi melebihi humidity set poin diluar batas sensitifitinya. Proses ini terjadi pada saat proses pendinginan oleh koil evaporator dalam siklus pendinginan, artinya bahwa proses dehumidying bersamaan dengan proses pendinginan.

Pelembapan (Humidifying)

Proses ini akan terjadi pada saat tingkat kelembapan ruangan lebih rendah dari humidity set poin di luar batas sensitivitinya dan dilakukan oleh humidifier.

Pembersihan udara ( Filtering).

Precision Air Conditioner selain sebagai pegatur suhu suatu ruangan, juga dilengkapi air filter ( filter udara ) yang berfungsi menyaring kotoran dalam udara yang masuk, sehingga uadara yang keluar sistem menjadi lebih bersih.
Demikian artikel tentang Precision Air conditioning, semoga bermanfaat, jika ada diskusi bisa dituliskan di kolom komentar.