Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Gerbang Logika NOT , Pengertian, Rangkaian Dasar dan Penerapannya

Pengertian Gerbang Logika NOT

Gerbang Logika NOT  merupakan salah satu jenis rangkaian logika yang akan memiliki output berlogika 1 jika inputnya 0. Gerbang NOT hanya memiliki 1 input dan 1 output. Kondisi output selalu berkebalikan dengan kondisi input, sehingga gerbang NOT sering disebut gerbang Pembalik

Gerbang NOT


Gambar 1. Simbol Gerbang Logika NOT

Logika atau ekspresi boolen untuk gerbang NOT  ini adalah logika perkalian yang ditandai dengan satu titik (.), sehingga jika kedua input dinotasikan dengan A dan B, sedangkan output dinotasikan dengan Q maka A.B=Q. Kemudian kita dapat mendefinisikan pengoperasian logika 2-input digital Gerbang NOT  sebagi berikut :

"Jika Salah satu  Input A atau  B berlogika 1 maka output Q akan berlogika 1"

Gerbang NOT  dari  Rangkaian Transistor 

Gerbang Logika NOT sebuah  input dapat dibangun dengan  Resistor Transistor Logic,  yang dirangkai  sebagai saklar dengan kaki basis sebagai input dan kolektor sebagai output.
rangkaian Transistor Gerbang NOT

Gambar 2. Rangkaian Gerbang Logika NOT  dari dua buah Transistor

Dari rangkiaan transistor di atas : Pada saat basis diberi arus, atau input berlogika 1, maka transistor berada pada kondisi saturasi, sehingga output pada kolektor tidak ada arus, karena arus cenderung dilewatkan ke emitor. Denfan demikian output akan berlogika 0. Pada saat kaki basis tidak di aliri arus kistrik atau logika input 0, maka transistor berada dalam kondisi cut off atau tidak bekerja, sehingga kaki kolektor mendapat arus dari Vcc, sehingga output berlogika 1.. Kondisi tersebut dapat dijabarkan dalam sebuah tabel kebenaran sebagai berikut :



Tabel Kebenaran NOT


Gambar 3. Tabel Kebenaran Gerbang Logika NOT


Logika gerbang NOT saat input berlogika 1 maka outputnya tidak 1 atau 0. Gerbang NOT hanya memiliki satu input, sehingga kadang tidak dikategorikan sebagai Decision Gerbang seperti halnya Gerbang AND dan Gerbang OR.
Notasi Bulatan NOT
Gambar 4. Notasi Bulatan pada Gerbang NOT


Paket IC yang tersedia di pasaran terdiri dari 4 atau 6 gerbang dalam satu IC. Tanda bulatan yang ada diakhir gernag NOT merupakan inversi, dan jika dipasangkan di depan, menunjukkan bahwa gerbang NOT tersebut Aktif Low.

Ekuivalen Gerbang NOT fdari NAND gate dan NOR Gate

Gerbang NOT bisa juga dibuat dari gernagn NAND atau Gerbang NOR. Caranya dengan menghubungkan kedua inputnya. 

Gambar 5. Ekuivalen gerbang NOT

Gerbang NOT dalam IC Logic

NOT  gate bisa dibangun dari sekumpulan komponen aktif seperti transistor dan mosfet. Masing masing dirangkai dalam kemasan terintegrasi yang disebut IC. Jenis IC Logika ada 2 macam yaitu TTL logic  Dan CMOS logic. 

Transistor Transistor Logic (TTL) Gerbang NOT

NOT gate dapat dibangun dari transistor transistor yang tersusun secara seri sebagai saklar. Kumpulan transistor tersebut dikemas dalam sebuah chip Integrated Circuit (IC), Karena tersusun dari sekumpulan transistor maka IC tersebut dinamakan IC TTL Logic. Contoh IC yang menggunakan TTL Logic diantaranya :
  1. 74LS04 Hex Inverting NOT Gate
  2. 74LS14 Hex Schmitt Inverting NOT Gate
  3. 74LS1004 Hex Inverting Drivers

CMOS Logic Gerbang  NOT

NOT gate dapat dibangun dari MOSFET  yang tersusun secara seri sebagai saklar. Kumpulan MOSFET tersebut dikemas dalam sebuah chip Integrated Circuit (IC), Karena tersusun dari sekumpulan transistor maka IC tersebut dinamakan IC CMOS Logic. Contoh IC yang menggunakan CMOS  Logic diantaranya :

  1. CMOS Logic NOT Gates
  2. CD4009 Hex Inverting NOT Gate
  3. CD4069 Hex Inverting NOT GateTTL Logic NOT Gates
·

Penerapan Rangkaian

Sebuah rangkaian Gerbang Logika dengan IC 74LS04 yang terdiri dari 6 gerbang NOT  2 input. Sumber tegangan berupa baterai 3 Volt, dan input diambil dari VCC dengan saklar Tunggal DC, Output diberi indikator berupa LED.

Gambar 8. Rangkaian GerbangNOT dengan IC 74LS04





Gambar 9. Rangkaian Pengawatan Gerbang NOT dengan IC 74LS04

Demikian, artikel tentang Gerbang Logika NOT , Pengertian, Rangkaian Dasar dan Penerapannya semoga bermanfaat. Jika ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar.