Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Melakukan Kalibrasi Alat Ukur Osciloscop Dual Channel Dual Trace

Cara Melakukan kalibrasi Osciloscop

Osciloscop merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran amplitudo dan frekuensi dari sebuah sinyal listrik. Alat ini dapat menampilkan besaran berupa bentuk gelombang yang dapat dilihat dalam layar display. Osciloscop terdiri dari dua jenis  yaitu osciloscop Analog dan Osciloscop digital. Pada artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara melakukan kalibrasi alat ukur osciloscop analog dual trace dual channel

osciloscop dual channel
Gambar 1. Osciloscop Dual Trace, Dual Channel
Sumber Gambar : www.indomultimeter.com

Pada bagian osciloscop dual trace, dual channel memiliki dua input, sehingga dapat melakukan pengukuran besaran listrik untuk dua sinyal secara bersamaan. 
selektor Volt Per Div

Gambar 2. Selektor Skala Volt Per Div Osciloscop Dual Channel

Selektor Time Per div
Gambar 3. Selektor Skala Time Per Dive Osciloscop Dual Channel


Skala untuk pengukuran amplitudo, yaitu volt per div terdiri dari dua selektor , sedangkan skala untuk pengukuran periode terdiri dari satu selektor. Proses kalibrasi  pengukuran amplitudo (Volt/div) untuk masing masing channel dilakukan secara terpisah, sedangkan kalibrasi periode, dailakukan secara bersamaan.

Metode Kalibrasi Volt per Div 

Langkah awal sebelum menggunakan alat ukur adalah melakukan kalibrasi atau setting awal alat ukur. Kalibrasi dilakukan agar alat ukur yang kita gunakan memiliki tingkat akurasi yang baik pada saat mengukur suatu besaran. Pada osiloscop, besaran yang diukur adalah berupa sinyal listrik yang memiliki amplitudo dan periode. Kalibrasi pada osciloscop dual channel untuk besaran amplitudo dilakukan dengan tahapan berikut

Kalibrasi Channel 1

  • Pasangkan probe pada tempat probe channel 1. 
  • Hubungkan Probe dengan Bagian osciloscop yang ada tulisan CAL. 
  • Atur Skala  Volt per div  pada 0,5 V.
  • Perhatikan Tampilan di layar osciloscop.
tampilan layar osciloscop
Gambar 4. Tampilan Osciloscop untuk kalibrasi volt per div
      • Besarnya sinyal pada CAL adalah : 2 Vpp
      • Hasil tampilan dari osciloscop adalah :
Skala selektor Volt per div X Jumlah kotak ( tinggi gelombang)
0,5 X 4 Kotak = 2 Volt Peak to Peak


Bila gelombang menunjukan tepat seperti pada gambar di atas, yaitu 4 kotak, maka tombol tengah pada bagian volt per div tidak perlu diubah ( diputar), alat ukur sudah terkalibrasi pada volt per div ch 1, namun bila gelombang menunjukkan kurang atau lebih dari gambar di atas, maka putarlah knop ditengah selektor volt per div channel 1, posisikan hingga benar benar gelombang menunjukkan 4 kotak seperti pada gambar di atas.

Kalibrasi Channel 2

  • Pasangkan probe pada tempat probe channel 2. 
  • Hubungkan Probe dengan Bagian osciloscop yang ada tulisan CAL
  • Atur Volt per div pada skala 0,5
  • Perhatikan Tampilan di layar osciloscop,lakukan langkah langkah seperti pada proses kalibrasi channel 1

Metode Kalibrasi Time Per Div

Selektor Time per div pada osciloscop analog dual channel hanya ada satu. Penggunaan skala time per div dilakukan secara bersama antara chanel satu dan dua. Posisi gelombang akan tampil secara berjajar arah horisontal ( Atas dan bawah). Berikut proses kalibrasi time per div untuk chanel satu dan dua.
  • Pasangkan salah satu probe ( boleh channel satu atau channel dua).
  • Hubungkan probe dengan CAL untuk Time/div, yang menghasilkan sinyal dengan amplitudo 2 Vpp dan Frekuensi 1 K hzt
  • Atur selektor Time posisi CAL. 
  • Perhatikan Tampilan pada layar osciloscop






Gambar 5. Tampilan Osciloscop untuk kalibrasi Time per div

Besarnya Frekuensi Cal adalah 1 K Herzt. Perhatikan lebar Gelombang : dari Puncak ke Puncak atau dari lembah ke lembah. Pada gambar gelombang tersebut, panjang gelombang adalah 1 kotak.  dijabarkan dalam besaran frekuansi :
rumus frekuensi
Dimana :         F = Frekuensi
                        t  = Periode /Panjang Gelombang

Pada hasil pengamatan di atas didapatkan nilai Frekuensinya adalah 1/

F = 1/1ms = 1/ 0,001 = 1000 Herzt

Bila gelombang menunjukan tepat seperti pada gambar di atas, yaitu lebar gelombang 1 kotak, maka tombol tengah pada bagian time per div tidak perlu diubah ( diputar), alat ukur sudah terkalibrasi pada time per div channel satu dan dua, namun bila panjang gelombang menunjukkan kurang atau lebih dari gambar di atas, maka putarlah knop ditengah selektor time per div  posisikan hingga benar benar panjang  gelombang menunjukkan 1 kotak seperti pada gambar di atas. Proses kalibrasi pada osciloscop yang masih baru, biasanya jarang dilakukan, karena telah dilakukan kalibrasi standar pada perusahaan pembuatnya, namun pada osciloscop yang telah berusia tua, proses kalibrasi mutlak untuk dilakukan.

Proses kalibrasi selesai, dan kita bisa melakukan pengukuran  amplitudo dan frekuensi dari sebuah sinyal listrik dengan tepat. Demikian, artikel tentang cara kalibrasi alat ukur osciloscop dual channel dual trace, semoga bermanfaat. Jika ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar.