Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Memperbaiki Evaporator Kulkas bocor , tertusuk benda tajam

Evaporator Kulkas Bocor? 

Evaporator merupakan bagian penting dalam sebuah kulkas, karena di bagian evaporator inilah terjadi penyerapan kalor yang dapat menyebabkan ruang dalam kabin menjadi dingin. Bagaimana jadinya jika evaporator kulkas rusak, bocor karena tertusuk benda tajam? Jangan khawatir, meskipun ini adalah masalah serius, tapi pasti ada solusinya. Langkah yang harus sobatbee ambil saat mengetahui adanya kebocoran pada evaporator adalah :

bagian evaporator
Gambar 1. Bagian Evaporator Kulkas


  1. Bila Refrigeran / Freon terlihat atau tercium baunya setelah tertusuk benda tajam, segera matikan aliran listrik pada kulkas dengan mencabut colokan listrik.
  2. Biarkan pintu kulkas tetap terbuka.
  3. Keluakan seluruh isi kulkas, terutama cairan yang mudah tumpah.
  4. Bersihkan sisa sisa es, atau bunga es agar tidak masuk ke bagian evaporator yang bocor.
  5. Segera lakukan langkah perbaikan, bisa dengan menambal atau mengganti evaporator.

Menambal Evaporator Kulkas  yang bocor.

Bila lubang atau sayatan yang menyebabkan evaporator bocor tidak begitu besar dan tidak memanjang bisa dilakukan langkah penambalan. Namun jika bocor pada evaporator menembus bagian sisi yang lain ada baiknya di Lem Biru ( dilempar beli yang baru 😅). Berikut ini langkah untuk menambal evaporator yang bocor:
  • Carilah titik yang bocor, dengan cara menghidupkan kembali kulkas. pastikan bagian permukaan evaporator benar benar sudah kering.
  • Bila telah menemukan titik yang bocor, amplas bagian yang bocor tersebut dengan amplas halus, pastikan debu hasil proses pengamplasan tidak masuk ke dalam lobang evaporator yang bocor.
  • Tambalah bagian yang bocor dengan lem khusus. Ada dua jenis lem yang bisa digunakan
    • Penambalan dengan  lem bakar/ Laco stick atau biasa disebut lem hijau: Panaskan pada titik yang bocor, dari sisi bawah, jangan pada titik yang bocor. Bila sudah terasa panas, tempelkan lem hijau pada titik yang bocor, biarkan hingga lem merata/ lumer. Lakukan dengan cepat, jangan sampai masuk ke titik yang bocor karena akan menyebabkan penyumbatan.
    • Penambalan dengan lem dexton ( lem campur) : campurkan kedua lem dexton, yaitu hitam dan putih dengan perbandingan 1:1, namun bila ingin cepat kering, komposisi lem putih bisa ditambah.. Oleskan lem yang telah dicampur pada titik/ lobang yang bocor, diamkan hingga 24 jam agar didapatkan rekatan yang maksimal.
  • Penambalan dengan Pengelasan  : Sebelum melakukan penambalan dengan sistem pengelasan, ada baiknya pipa dibersihknan sampai catnya hilang, agar bahan tambah dapat menempel dengan sempurna.  Lakukan pengelasan dengan memanaskan bagian / titik yang bocor, lakukan dengan hati hati, jangan sampai bahan tambah masuk dan menjadi sumbatan . untuk proses pengelasan pipa tembaga yang benar, silakan baca :Cara Membuat Sambungan Pipa Tembaga dan Pipa Kapiler Pada Kulkas

Mengganti Evaporator yang bocor

Penggantian evaporator dilakukan, bila proses penambalan lobang pada evaporator tidak dapat dilakukan. Evaporator yang bocor dengan lobang yang besar tidak mungkin lagi untuk dilakukan penambalan. Bagaimana cara mengganti evaporator yang rusak? Berikut langkahnya:



penggantian evaporator

Gambar 2. Proses Penggantian Evaporator

  1. Potonglah pipa dan kapiler yang menuju ke evaporator. Gunakan tang potong dan tang kapiler.
  2. Pasangkan evaporator yang baru dengan melakukan penyambungan dengan las.
  3. Pada proses pengelasan gunakan pelindung berupa lempengan logam agar tidak terkena pada permukaan kabin kulkas yang terbuat dari plastik.
  4. Posisikan evaporator pada tempat yang tepat.
  5. Lakukan pengisian refrigeran. Langkah langkah pengisian refrigeran bisa di baca : Cara Mengisi Refrigeran pada Kulkas Sampai Bisa Dingin.
  6. Kulkas siap digunakan kembali, Perlu diingat !!, jangan menggunakan logam tajam untuk menghilangkan bunga es, ada baiknya gunakan Defrost untuk mencairkan bunga es. Penggunaan Defrost mungkin memakan waktu yang lama, namun dirasa lebih aman dari pada main congkel dengan pisau atau sendok makan.
  7. Gunakan evaporator yang sesuai dengan spesifikasi, untuk harga evaporator kulkas polytron 1 pintu bisa di cek disini, atau harga evaporator kulkas sharp 1 pintu bisa di cek disini

Demikian artikel tentang cara memperbaiki evaporator kulkas, semoga bermanfaat, jika ada diskusi bisa dituliskan di kolom komentar.