Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Mengisi Freon Kulkas sampai bisa dingin

Prosedur Mengisi Freon Kulkas

Kulkas tidak dingin? banyak faktor yang menyebabkan kulkas tidak dingin, bisa karena refrigerannya yang sudah berkurang, atau komponen kelistrikannya yang bermasalah. Untuk melakukan perbaikan kulkas yang tidak dingin bisa dilihat dahulu kelistrikannya, jika semua menunjukan kondisi yang baik, maka langkah berikutnya adalah memeriksa pemipaan pada kulkas. Pada artikel ini akan kita bahas bagaimana cara memeriksa pemipaan pada kulkas dan melakukan pengisian refrigeran.

Langkah Langkah Mengisi Freon

Periksa Tekanan Freon (Refrigeran) pada Kulkas.

Untuk memeriksa tekanan refrigeran pada kulkas, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menyambungkan saluran refrigeran pada kompresor dengan pentil. Potong bagian pipa yang telah dibuntu dan di las, kemudian sambungkan dengan pipa yang telah terpasang pentil. 

sambungan pentil dan pipa pengisian
Gambar 1. pemasangan pentil pada pipa pengisian

Untuk melakukan pengelasan pipa yang baik, sobatbee bisa membaca artikel : Cara membuat sambungan pipa tembaga dan kapiler pada kulkas

periksa tekanan kulkas
Gambar 2. Periksa tekanan kulkas

Pasangkan manifold gauge pada pentil tersebut, periksa tekanan refrigeran. Bila tekanan refrigeran nol atau menunjuk ke vacum, bisa dipastikan refrigeran habis, kemungkinan ada kebocoran pada pemipaan. 

Lakukan Cek Kebocoran

Bila pada pemeriksaan refrigeran di atas di dapat kebocoran, maka yang harus sobatbee lakukan adalah cek kebocoran pada sistem pemipaan kulkas. Hubungkan manifold yang telah disambungkan ke bagian pengisian kulkas. Hubungkan selang manifold dengan kompresor tembak. Hidupkan kompresor dan lihat pada jarum manifold, tekanan akan naik. 

Gambar 3. Pemberian angin pada sistem pemipaan untuk cek kebocoran

Berilah air sabun pada tiap bagian pipa. evaporator dan condensor. Bila dijumpai kebocoran pada evaporator, sobatbee bisa ambil langkah untuk memperbaikinya, Cara memperbaiki Evaporator Rusak, bocor atau tertusuk benda tajam. Periksa juga pada bagian kondensor, adakah yang bocor. Bila semua sudah diperiksa, dan yang bocor sudah diperbaiki atau diganti. langkah berikutnya adalah melakukan pemvakuman.

Lakukan Pemvacuman pada sistem pemipaan kulkas.

proses pemvakuman merupakan bagian penting sebelum melakukan pengisisan refrigeran. Tujuan pemvakuman ini adalah untuk mengurangi kemungkinan udara yang masuk ke dalam sistem pemipaan kulkas, yang dapat bercampur dengan refrigeran dan menyebabkan korosi.

Gambar 3. Proses pemvacuuman kulkas
Prosedur pemvakuman yang benar :
  1. Pasangkan selang manifold yang berwarna biru ke Suction Service valve atau pentil pengisian dan selang yang berwarna kuning ke mesin vacuum.
  2. Nyalakan mesin vacuum
  3. Buka keran berwarna biru dan tutup keran warna merah pada manifold gauge.
  4. Tunggu beberapa saat hingga tekanan mencapai -29 sampai -30 psi.
  5. Tutup keran warna biru, dan matikan mesin vacuum
  6. Untuk memastikan sistem pemipaan tidak ada yang bocor, tunggu hingga 15 menit, jika jarum pada manifold tidak menunjukkan perubahan, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pemipaan tidak ada yang bocor.
  7. Lepaskan selang warna kuning dari mesin vacuum, kembalikan mesin vacuum ke tempat semula.

Lakukan Pengisian Refrigeran

Setelah proses pemvakuman selesai, dan sistem pemipaan telah benar benar vacuum, langkah berikutnya adalah melakukan pengisian refrigeran. Pada kulkas jenis refrigeran yang digunakan adalah R-134a, biasanya dalam kemasan tabung berwarna biru muda.

 

Prosedur poengisian refrigeran yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Pasangkan selang warna biru manifold gauge ke sucsion service vale atau pentil pengisian, dan selang kuning pada tabung refrigeran R-134a.
  2. Lakukan pembuangan angin yang terdapat pada selang warna kuning, dengan membuka keran pada tabung refrigeran, buka pentil selang warna kuning, hingga ada angin yang keluar sedikit, kemudian tutup kembali.
  3. Isilah refrigeran sedikit demi sedikit ke kulkas dengan membuka keran manifold warna biru hingga mencapai 2 psi, tutup keran warna biru tersebut.
  4. Nyalakan kulkas. Tunggu sebentar dan cek pada bagian kondensor. Bila sudah mulkai terasa hangat, buka kembali  keran biru manifold , isi refrigeran hingga mencapai 10 psi.
  5. Setelah mencapai 10 psi, tutup keran pada tabung refrigeran, kemudian tutup keran warna biru pada manifold gauge
  6. Tunggu hingga 10 menit, perhatikan tekanan pada manifold gauge, bila tidak terjadi penurunan tekanan, berarti tidak ada kebocoran pada sistem pemipaan kulkas.
  7. Lepaslah selang warna kuning dari tabung refrigeran R-134a, dan keran biru pada pipa pengisian kulkas.
  8. lakukan penekanan pipa pengisian dengan vise Grip. Lakukan pengelasan pada bagian yang telah di tekan dengan vise grip tersebut.
  9. Potonglah pipa yang ada pentilnya.
Demikianlah artikel tentang Cara Mengisi Refrigeran pada kulkas sampai bisa dingin, semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar. Mari sama sama belajar....