Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Alat Alat Service Kulkas dan AC

Pengertian Alat Alat Service

Alat Alat Service Kulkas dan AC adalah peralatan yang digunakan untuk pekerjaan perawatan dan perbaikan kulkas, pemasangan AC split, dan pekerjaan mekanik lain yang berkaitan dengan system refrigerasi dan pengkondisian udara. Alat alat untuk pasang ac split dan  peralatan service ac mobil dan fungsinya merupakan seperangkat peralatan yang akan dijelaskan pada artikel ini. Ada beberapa peralatan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Teknisi atau calon teknisi AC dan Kulkas, yaitu:

Macam Macam Alat Service Kulkas dan AC

Tube Cutter

Tube cutter adalah alat tangan yang biasa digunakan untuk memotong tembaga dengan ukuran antara 1/8 inchi sampai ½ inchi. Memotong pipa tembaga tidak bisa menggunakan peralatan sembarang, karena pipa yang dipotong tidak boleh bengkok atau gepeng.
cutter Tube

Gambar 1. Cutter Tube
Sumber Gambar : aliexpress.com

Untuk memahami cara penggunaan tube cutter sobat bisa baca : Cara Mengguanakan Ctter Tube dengan Baik 

Flaring Tool 

Flaring Tools merupakan alat tangan yang digunakan untuk melebarkan pipa, sehingga dapat dimasukkan ke dalam nut pada proses instalasi pemipaan AC Split. Penggunaan Falirng tools harus tepat, pipa yang melebar namun ada retakan menyebabkan bocornya pemipaan pada instalasi AC Split.

Flaring tool

Gambar 2.  Flaring Tools
Sumber :  bukalapak.com

Swagging Tool 

Swagging Tools merupakan peralatan tangan yang digunakan untuk melebarkan diameter pipa tembaga, sehingga dua pipa yang memiliki ukuran diameter sama dapat digabungkan setelah dilakukan proses swagging. Swagging tools ini sering digunakan oleh teknisi untuk menyambung pemipaan pada kulkas saat mengisi freon ( refrigeran).Swaging Tools biasanya dikemas dalam satu paket dengan flaring tool, namun ada juga yang dijual secara terpisah.

Gambar 3. Swaging Tool
Sumnber Gambar :bukalapak.com

Brazing Torch 

Brazing torch digunakan sebagai Las untuk menyambungkan dua pipa tembaga dengan kemampuan suhu 3600 derajat fahrenheit. Brazing torch biasanya menggunakan Gas Peta, meskipun umumnya digunakan pula oksigen -asitelin. Gunakan alat ini di tempat dengan ventilasi udara yang baik..


Gambar  4. Brazing Torch
Sumber amazon.in

Pembengkok Pipa Tembaga

Pembengkok Pipa Tembaga atau Copper Tube Bender adalah alat yang dapat untuk melenturkan pipa tembaga agar tidak menekuk terlalu tajam . Kontruksinya terdiri dari roda setengan bulatiki roda setengah bulat tiga ukuran yang dibentuk. Ukuran yang paling umum adalah dari 6mm, 8mm, dan 10 mm.. Pipa  tembaga dapat ditekuk dengan mudah dan bagus menggunakan alat lentur profesional ini.
Gambar 5. Pembengkok Pipa Tembaga
Sumber : tokopedia.com


Kunci Inggris

Kunci inggris adalah kunci pas yang besarnya bisa disesuaikan. Ukuran standar kunci inggris untuk sistem refrigerasi dan tata udara berukuran 6 inci, yang dapat digunakan untuk mengakomodir ukuran mur baut 1/8 inchi hingga 1 inchi
Kunci Inggris
Gambar 6. Kunci Inggris
Sumber : tokopedia.com

Obeng Min

Obeng Min adalah obeng yeng memiliki ujung obeng berbentuk datar dengan lebar 1/4 inchi, 1/8 inchi dan 3/16 inchi. Obeng min sangat dibutuhkan pada pekerjaan sercvis AC atau Kulkas
Obeng Min

Gambar 7 Obeng Min
Sumber: monotaro.com

Obeng Plus

Obeng Plus adalah obeng yang memiliki ujung silang atau berbentuk plus. Obeng ini ad a tiga jenis ukuran juga seperti halnya obeng min. Gunakan obeng Plus yang berkualitas dan yang tidak mudah tumpul.

Gambar 8  Obeng Plus/ Kembang
Sumber : monotaro.com

Kunci L (Allen Wrench)

Kunci L adalah kunci yang ujungnya berbentuk sudut heksagonal  dengan kontruksi seperti huruf L, sehingga orang lebih suka menyebut dengan kunci L. Penggunaan peralatan ini adalah saat membuka keran pada unit outdoor AC split.
 
Gambar 9.  Kunci L
Sumber Gambar : great eagle

Tang Lancip ( Long Nose Plier)

Tang Lancip atau Long Nose Plier  adalah tang dengan bentuk memanjang dan lancip,dengan panjang 7 Inchi. Tang ini sangat berguna untuk mengait atau memegang pada  tempat yang sulit  dijangkau. Bisa juga digunakan untuk memegang pipa saat akan dilakukan penyambungan.
Tang lancip

Gambar 10 Tang Lancip
Sumber gambar :  bukalapak.com

Tang Slip Joint

Tang Slip Join atau Slip Joint Plier  adalah tang mekanik yang memiliki bentuk dengan tuas yang bisa diubah ukurannya, sehingga dapat berfungsi secaara fleksibel untuk mengencangkan pipa 1/2 inchi atau untuk melonggarkan pipa ukuran 1 inchi.
Tang Slip Join

Gambar 11. Tang Slip Join
Sumber Gambar : bukalapak.com



Tang Kombinasi 

Tang Kombinasi adalah tang yang digunakan untuk keperluan instalasi listrik. Tang ini berukuran 8 inchi. Seperti namanya tang ini bisa difungsikan untuk mencepit, memotong dan mengupas kabel.
Tang Kombinasi

Gambar 12. Tang Kombinasi
Sumber gambar :  indiamart.com

Kunci Pas Pipa (Pipe Wrench)

Kunci Pas Pipa Adalah  salah satu jenis kunci pas yang di desain untuk megubah pipa ulir dalam perakitan dan pembongkaran.  Kunci ini dapat digunakan untuk mengencangkan pipa
Kunci Pas Pipa
Gambar 13. Kunci Pas Pipa
Sumber Gambar : tokopedia.com

Manifold Gauge Meter

Manifold Gauge digunakan untuk mengukur tekanan. Alat ini mutlak diperlukan saat proses instalasi AC split, yaitu pada saat memeriksa kebocoran dan mengukur tekenen refrigeran. Manifold juga diperlukan pada saat pengisian freon kulkas.
Manifold gauge Meter

Gambar 14. Manifold Gauge meter
Sumber Gambar :  tokopedia.com


Demikian, Alat alat service Kulkas dan AC, semoga bermanfaat, Jika ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar


Nilai PAS DLE dapat dilihat di Nilai PAS DLE