Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Miniature Circuit Breaker (MCB), Bagian bagian dan Cara Kerjanya

Miniature Circuit Breaker, Pengertian dasar

MCB merupakan komponen listrik yang bekerja dengan sistem elektromekanis yang didesain untuk melindungi suatu rangkaian dari arus berlebih, atau terjadinya hubung singkat (Konsleting). Konsep ini berbeda dengan sekering (fuse), dimana saat ada arus berlebih, maka kawat dalam fuse akan panas dan meleleh, sehingga memutus arus yang mengalir ke rangkaian.MCB merupakan penyempurnaan dari fuse, dimana saat beban berlebih, tidak ada komponen yang hancur atau meleleh, namun akan mendorong tuas agar memutus hubungan aliran listrik, dengan demikian MCB masih bisa digunakan kembali. MCB pada instalasi listrik berfungsi untuk membatasi arus yang berlebih

Miniature Circuit Breaker

Gambar 1. MCB 1 Fase dan MCB 3 Fase
Sumber Gambar : shopee.co.id

MCB tidak melindungi manusia dari sengatan listrik, namun MCB melindungi rangkaian listrik akibat adanya"
  1. Arus yang berlebih dalam suatu rangkaian listrik. Saat peralatan listrik mengkonsumsi arus melebihi batas daya yang tersedia, maka MCB akan memutus arus untuk mencegah panas berlebih.
  2. Konsleting atau hubung singkat yang terjadi akibat dua konduktor fase dan netral terhubung. Hal ini sangat berbahaya, karena tanpa adanya beban arus langsung mengalir dari fase ke netral  dalam waktu milli detik.

Ukuran Miniatur Circuit Breaker

MCB tersedia dalam beberapa ukuran arus, tergantung kebutuhan . Identifikasi ukuran arus pada MCB dapat dilihat pada bodi MCB yang diawali dengan huruf C, yaitu
  1. C2  mempunyai arti, kemampuan MCB  membatasi arus yang mengalir maksimal 2 Ampere, atau bila dikonversi ke Daya  dengan patokan tegangan PLN antara 220-240 Volt  adalah  sekitar 450 Watt.
  2. Listrik 900 watt pakai mcb berapa ampere? Kalau dilihat dayanya, MCB yang digunakan untuk 900 watt adalah 4 Ampere atau C4. Nilai ini diambil dari rata rata arus yang mengalir pada rangkaian dengan tegangan PLN 220 Volt sampai 240 Volt. Bagaimana jika listrik 900 watt pakai mcb 10 ampere? tentu hal ini tidak diijinkan, karena MCB tidak akan bekerja secara elektromekanis meskipun arus yang mengalir dalam rangkaian tersebut berlebih.
  3. Listrik 1300 watt pakai MCB  berapa ampere ? Bila dilihat besarnya daya, maka MCB yang digunakan adalah 6 Ampere atau C6. Nilai ini diambil dari rerata arus yang mengalir pada rangkaian PLN bertegangan 220 Volt sampai 240 Volt. Bagaimana jika listrik 1300 watt pakai mcb 10 ampere? tentu saja ini sangat berbahaya, karena MCB tidak akan memutus kontak meskipun arus sudah berlebih.
  4. C10  mempunyai arti, kemampuan MCB  membatasi arus yang mengalir maksimal 10 Ampere, atau bila dikonversi ke Daya  dengan patokan tegangan PLN antara 220-240 Volt  adalah  sekitar 2200Watt.
Pada rangkaian 1 fase, maka MCB yang digunakan adalah MCB single, sedangkan pada rangkaian 3 Fase, MCB yang digunakan sebanyak tiga buah dalam satu kemasan, yaitu untuk Fase R, S dan T. Rekomendasi MCB bagus bagi sobat yang ingin mengganti MCB sendiri yaitu : pilihlah yang sudah standar SNI, harga MCB 900 watt yang bagus sekitar 60 ribuan

Miniature Circuit Breaker Diagram

Pada saat sebuah MCB kita buka, maka akan terlihat beberapa tuas dan pegas yang sedemikian sehingga bekerja membatasi arus yang masuk. Berikut bagian bagian dari MCB
Bagian bagian MCB

Gambar 2. Bagian Dalam MCB
Sumber Gambar : consumerunitword.co.uk

Penjelasan Gambar:
  1. Latch/ Kait
  2. Solenoid
  3. Switch
  4. Plunger
  5. Incoming Terminal/terminal masuk
  6. Arc Chutes Holder
  7. Arc Chutes
  8. Dynamic Contact /kontak dinamis
  9. Fixed Contact/ kontak tetap
  10. Din Rail Holder
  11. Outgoing Terminal/terminal keluar
  12. Bi-metallic Strip Carrier
  13. Bi-metallic Strip

Miniature Circuit Breaker Application Guide

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa MCB berfungsi melindungi kelebihan beban dan konsleting. MCB dapat mendeteksi kelebihan arus dengan dua operasi, yaitu operasi termal dan operasi elektromagnetik. Proteksi terhadap beban berlebih, dilakukan oleh strip bi metallic (lihat No. 13). Pada saat arus berlebih, strip bimetal dipanaskan oleh arus listrik dan akan membengkok dan melepas kait mekanis, sehingga menyebabkan kontak terbuka dan memutus rangkaian. Pada saat hubung singkat (konsleting) peningkatan arus listrik terjadi secara tiba tiba yang menyebabkan perpindangan elektromekanik plunger (lihat No 4) dari kumparan terhambat oleh selenoid (Lihat No 2) Plunger menarik tuas yang menyebabkab pelepasan mekanis kait dengan segera, sehingga kontak akan terbuka.

Cara pasang mcb listrik di rumah

Memasang MCB sendiri di rumah merupakan pekerjaan yang mudah, namun yang perlu sobat ingat, kita bekerja dengan listrik arus kuat, sehingga aspek K3 nya juga harus diperhatikan. Gunakan alas kaki yang mengandung isolator, seperti sandal karet atau sepatu safety.

Cara pasang mcb listrik di rumah
Gambar 3. Cara pasang mcb listrik di rumah

  1. Pasanglah dudukan MCB dengan tepat dan mudah dijangkau.
  2. Hubungkan kabel fase dari Jala Jala PLN ( Warna Hitam : Standar PUIL 2011) ke dalam Lobang MCB , sebelah atas, dan kabel hitam di MCB sebelah bawah yang terhubung ke beban.
  3. Hubungkan kabel Netral dari jala jala PLN (Warna biru : standar PUIL 2011) dari sumber Listrik PLN langsung ke beban
  4. Tutuplah Kotak MCB dengan rapi.

Demikian artikel tentang MCB, bagian bagian dan cara kerjanya, semoga bermanfaat, jika ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar