Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Menggunakan Cutter Tube dengan Benar

Cutter Tube, Alat Pemotong Pipa

Cutter tube adalah alat untuk memotong pipa tembaga, karena sebuah pipa tembaga tidak bisa langsung dipotong dengan alat sejenis gergaji atau pemotong biasa. Cutter tube memiliki desain yang bermacam macam, namun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu memotong pipa tembaga. Sebagian besar cutter tube memiliki roda roller stasioner, atau roda oemotong yang dapat bergerak. Penggunaan alat Cutter tube dapat dilakukan dengan benar dan tepat seiring dengan seamin sering kita menggunakan alat tersebut. Bagaimana cara menggunakan cutter tube yang tepat? Pada bagian berikut akan dijelaskan langkahnya
Pipe Cutter Tube
Gambar 1.  Cutter Tube


Cara Menggunakan  Cutter Tube 

Siapkan Cutter tube dan pipa yang akan dipotong. Gunakan Cutter tube yang memiliki kualitas baik, karena proses pemotongan dipengaruhi juga dengan kualitas cutter tube yang digunakan. Untuk memotong pipa , berikut langkahnya:

  1. Bukalah cutter tube dengan melonggarkan sekrup dan menarik kembali roda pemotong atau roller
  2. Geser tabung atau pipa ke dalam alat, putar sekrup penyesuaian agar dapat menempatkan roda roller tepat pada pipa yang akan kita potong,
  3. Putarlah alat tersebut di sekitar pipa yang dijepit tadi, satu putara, kencangkan sekrup, putar lagi satu putaran, kencangkan sekrup, hingga pipa benar benar terpotong dengan rapi.
  4. Tebal tipisnya pipa yang dipotong menentukan putaran cutter tube untuk memotong pipa tersebut. Lakukan secara simetris, agar hasil potongan bisa rapi.
  5. Setelah pipa di potong, ada baiknya ujung pipa dibersihkan dan dirapikan dengan reamer.

Tips Memilih dan Cara menggunakan  Cutter Tube

  1. Alat pemotong pipa dengan ukuran yang besar biasanya lebih baik karena menawarkan leverage yang lebih besar dan pemotongan yang lebih mudah dilakukan. terutama bila digunakan untuk memotong pipa besar.
  2. Gunakan oli untuk melumasi cutter tube, agar proses memutar dan mengencangkan sekrup dapat berjalan lancar terutama saat memotong pipa yang keras.
  3. Bila roda pemotong rusak atau sudah aus, segeralah diganti akar didapatkan hasil pemotongan yang akurat dan rapi
  4. Cutter Tube digunakan untuk memotong pipa yang akan digunakan untuk pemipaan dalam instalasi AC Split 
  5. Cutter Tube juga digunakan dalam pemotongan pipa saat proses pengisian freon kulkas.
Demikian artikel cara menggunakan cutter tube dengan baik, semoga bermanfaat. Bila ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar.