Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Membuat Radio FM dengan Arduino Uno

Radio FM dan Kenangannya

Mendengar kata radio, yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah perangkat portable yang ada antenanya dan memiliki dimensi ukuran sedang dengan speaker menyatu. Radio identic dengan teknologi jaman dahulu yang menggunakan seperangkat system dengan rangkaian elektronik yang terdiri dari bagian RF, IF,  penguat audio dan speaker. Dengan perkembangan  teknologi yang semakin canggih, radio FM kini bisa dijumpai di setiap Gawai. Radio FM juga sudah di broadcast secara streaming lewat jaringan internet sehingga bisa didengar di seluruh penjuru dunia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pembuatan radio FM dengan seperangkat set Arduino uno.

Membuat Radio FM dengan Arduino Uno

Pembuatan radio FM dengan arduino uno , menggunakan modul yang bisa didapatkan secara online, yaitu RDA 5807M. Modul ini memiliki tuner radio FM siaran chip tunggal dengan synthesizer terintegrasi penuh, selektifitas intermediate Frequenchy (IF) mendukung rentang frekuensi dari 50MHz sampai 115 MHz.

Pin  pada Modul IC RDA5807M

Modul RDA5870M terdiri dari 10 kaki, dimana masing masing kaki dapat didiskripsikan seperti pada gambar di bawah ini.

Rangkaian FM arduino
Gambar 1. Pin Modul IC RDA5807M
Sumber Gambar : createarduino.cc

Penjelasan hubungan Kaki Kaki pada Modul IC RDA5870M 
  1. Kaki No 1 dihubungkan ke Pin Arduino Uno No A4.
  2. Kaki No  2 dihubungkan ke Pin Arduino uno No A5
  3. Kaki No 5 dihubungkan ke Vcc 3,3 Volt 
  4. Kaki no 10 dihubungkan pada antena
Berdasarkan ketentuan tersebut, maka dapat dibuat sebuah rangkaian Radio FM dengan Modul IC RDA5870M seperti pada gambar di bawah ini

Gambar Rangkaian pengawatan

Rangkaian FM arduini
Gambar 2. Rangkaian Pengawatan Radio FM dengan
 RDA5807M dan Arduino Uno
Sumber Gambar: electroscematics.com

Scratch Arduino Uno Untuk Radio FM

Upload scratch ke modul radio dari arduino  bukanlah tugas yang mudah Hertel  (http://mathertel.blogspot.in) telah merancang referensi untuk platform Arduino. selain RDA5807M, referensi ini juga mendukung modul radio populer lainnya seperti jenis TEA5767, SI4703, dan SI4705. Referensi  Radio untuk proyek ini dapat diunduh sebagai file zip dari sini : https://github.com/mathertel/Radio/archive/master.zip

Berikut ini adalah sketsa uji untuk uji coba awal. Sketsa yang jelas ini menunjukkan cara memilih frekuensi penerima (setBandFrequency), mengatur volume (setVolume), dll. Sebelum mengunggah sketsa ke papan Arduino Anda, pastikan untuk mengubah frekuensi 1019 (101,9 MHz) dengan frekuensi yang mudah diterima dari lokasi Anda; yaitu frekuensi stasiun lokal favorit Anda.

  

Scretch Arduino

Gambar 3. Scretch Arduino untuk Radio FM

Mengoperasikan Radio dengan Arduino

Rangkailah Arduino uno dengan modul radio FM RDA507M seperti pada gambar di atas. Hubungkan dengan sumber tegangan. Buatlah scratch program pada Personal computer, coba eksekusi. jika tidak ada eror, upload di kit Arduino uno. Pada rangkaian tersebut sinyal keluaran berupa sinyal audio yang memiliki level rendah, sehingga bila langsung dihubungkan ke loudspeaker tidak akan terdengar suara. Untuk mendapatkan suara yang keras dengan kualitas audio baik, maka perlu dihubungkan ke rangkaian Amplifier, atau secara praktis bisa dihubungkan ke speaker aktif.

Demikian, artikel tentang cara membuat radio FM dengan Arduino Uno, semoga bermanfaat.