Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Jenis Jenis Tang Beserta Gambar dan Fungsinya

Definisi Tang dan Fungsinya

Tang adalah sejenis alat tangan yang biasa digunakan untuk memegang, memutar, melonggarkan, memotong atau mencabut benda kerja.Alat tangan ini sering digunakan untuk aktifitas mekanik, kelistrikan, kerja bangku dan kegiatan Tang biasanya terbuat dari bahan besi, baja atau perpaduan keduanya. Pada bagian pegangan biasanya diberi lapisan karet yang keras dan anti selip. Ukuran tang juga bervariasi,tergantung kebutuhan dan peruntukan. Berikut ini akan kita bahas tentang macam macam jenis tang dan fungsinya

Macam Macam Jenis Tang dan Fungsinya

Tang Kombinasi

Tang kombinasi adalah jenis tang yang sering digunakan, karena fungsinya yang banyak dan lebih praktis. Tang kombinasi bisa digunakan untuk memotong, membengkok, memegang, bahkan bisa juga digunakan untuk mengupas kabel. Bagian ujung dari tang kombinasi biasa dipakai untuk memotong kabel, bagian tengah berbentuk gerigi, biasa digunakan untuk menjepit atau memutar benda kerja seperti baut atau mur. Tang kombinasi memiliki kontruksi yang pas untuk dipegang, dengan gagang dilapisi karet, biasanya berwarna hitam, biru atau merah atau kombinasi kuning dan hijau.
tang kombinasi
Gambar 1. Tang Kombinasi
Sumber gambar : tokopedia.com

Tang Potong

Tang Potong adalah tang yang diperuntukan untuk keperluan memotong benda berupa kabel, plat, atau kawat. Tang Potong fungsinya lebih spesifik dari pada tang kombinasi, yaitu hanya untuk memotong. Bentuk dan kontruksinya hampir sama dengan tang pada umumnya, memiliki pegangan terbuat dari besi yang dilapisi karet anti licin, berbentuk lancip dan memiliki rongga yang tajam. Bagaimana cara menggunakan tang potong kabel? tempatkan kabel di tengah rongga tang, tekan pegangan tang menggunakan tangan dengan kuat, kabel akan terpotong dengan mudah.

tang potong
Gambar 2. Tang Potong
sumber gambar: shopee.co.id




Tang Lancip

Tang lancip adalah tang yang memiliki bentuk lancip mirip ikan cucut. Tang lancip juga sering disebut sebagai tang cucut, yang memiliki fungsi untuk menjepit kabel atau kawat.Tang lancip juga sering digunakan untuk memegang penda yang terhalang dan sulit untuk dijangkau. tang lancip dan penjepit adalah salah satu alat dalam membuat kerajinan.

Tang Lancip
Gambar 3 Tang Lancip/ Tang Cucut
Sumber gambar : shopee.co.id


Tang Jepit Klem / Vice Grip

Tang Penjepit atau vice grip adalah tang yang digunakan untuk menjepit/klem pipa sehingga dapat menjadi buntu. Fungsi utama dari tang ini adalah untuk mencengkeram, memegang komponen atau benda kerja yang akan dibuka dengan memutar bagiannya. Tang ini biasa digunakan untuk membuntu pipa setelah proses pengisian freon kulkas selesai dilakukan. Cara menggunakannya, atur dulu putaran baut yang ada di gagang tang ungtuk mengatur besar kecilnya benda kerja yang akan dijepit, kemudian tekan dengan sekuat tenaga dengan menyatukan kedua kaki vice grip.

vice grip
Gambar 4. Tang Jepit Klem/Vice Grip
Sumber Gambar :  renhotecic.com


Tang Rivet

Tang rivet adalah tang yang berfungsi untuk pasang paku rivet atau keling pada dua buah benda yang akan dijadikan satu.Prinsipnya hampir sama dengan baut dan mur, namun yang membedakan adalah penyatuan dengan paku keling ini bersifat permanen. Cara menggunakan tang rivet,
  • Pertama tama siapkan dua logam yang akan disatukan, 
  • lobangi keduanya dengan bor logam
  • satukan kedua lobang dari logam tersebut secara simetris. 
  • masukkan paku rivet kedalam lobang tersebut. 
  • Posisikan tang rivet pada paku rivet sisi yang panjang. 
  • tekan kuat kuat pegangan tang rivet, maka paku rivet akan menyatukan kedua logam tersebut
tang Rivet
Gambar6 Tang Rivet
Sumber Gambar: shopee.co.id

Tang Snap ring/ Tang spi


Tang Snap ring adalah tang yang memiliki fungsi menjepit snap ring atau circlip pada sebuah mesin. Tang spi biasa digunakan di bengkel, teknisi AC dan kulkas. Model Tang spi ada 2 yaitu yang ujungnya bengkok dan yang ujungnya lurus.
tang spi
Gambar 7. Tang Spi lurus dan Tang Spi Bengkok
Sumber Gambar: tokopedia.com


Tang Catut Kakaktua

Tang catut kakaktua adalah tang yang bentuknya mirip paruh burung kakak tua. Tang ini biasa digunakan oleh para pekerja kontruksi untuk memotong kawat, mencabut paku dan bisa juga untuk memotong kabel dan benda yang ukurannya kecil
tang catut kakaktua
Gambar 9 Tang Catut Kakaktua
Sumber Gambar:  shopee.co.id
Demikian, artikel tentang Jenis Jenis Tang Beserta Gambar dan Fungsinya, jika ada diskusi, silakan tulis di kolom komentar.