Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Masalah Mesin Cuci 1 Tabung dengan solusinya, Mudah!!

Mesin Cuci 1 Tabung, Praktis

Mesin cuci adalah peralatan rumah tangga yang selalu setia menemani kita, membantu membersihkan baju,celana kotor,  mungkin hampir tidak pernah berhenti. Setiap hari selalu beroperasi. Apa jadinya jika mesin cuci tiba tiba tidak dapat beroperasi dengan normal? Tentu akan menjadi satu masalah yang mengganggu aktifitas sobat. Masalah masalah yang muncul bisa jadi karena kurangnya perhatian sobat dalam merawat mesin cuci atau bisa juga disebabkan karena factor usia mesin cuci yang sudah lama.

Bagaimana sobat menghadapi masalah tersebut? Mungkin langkah yang paling sederhana dan mudah adalah tinggal menghubungi teknisi dan mesin cuci akan diperbaiki. Namun tentu sobat juga harus mengeluarkan anggaran ekstra untuk solusi tersebut. Kenapa tidak mencoba untuk memperbaiki sendiri? Sobat bisa ikuti langkah langkah dalam artikel ini.


Mesin Cuci 1 Pintu

Persiapan Awal : Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Memperbaiki mesin cuci berarti berhubungan erat dengan tegangan listrik dengan arus yang cukup besar. Aspek keselamatan harus diutamakan. Gunakan sepatu safety yang bisa menghambat arus listrik langsung menuju tanah /ground. Bila perlu gunakan sarung tangan. Siapkan peralatan tangan, seperti tespen, tang, obeng dan alat ukur seperti multitester atau ohm meter.

Mendiagnosa Kerusakan Melalui Gejala Yang Timbul

Mesin Cuci Mati Total, Tekan On, Mesin tidak merespon.

Bila sobat menghadapi masalah ini, jangan khawatir dan panik, ikuti langkah langkah berikut :
  1. Periksalah kabel power yang berada di bagian belakang mesin cuci untuk memastikan kabel tersebut terpasang di stop kontak, karena kadang dengan adanya gerakan mesin cuci yang kuat, kabel bisa tercabut sendiri.
  2. Periksa MCB rumah, apakah posisinya ada di bawah (posisi Off) ? Jika ya, naikkan MCB (Posisi On) agar arus dapat mengalir dengan normal. 
  3. Sobat cek bagian penutup depan mesin cuci, apakah tertutup dengan sempurna? Bagian depan mesin cuci terkoneksi dengan mesin, bila bagian ini tidak tertutup dengan rapat, atau kondisi rusak maka mesin tidak akan berputar. 
  4. Periksa Juga saklar tutup mesin bagian atas, sobat bisa mengujinya dengan mengatur pada posisi on, kemudian dorong ke dalam lobang ujung pena , jika bekerja dengan baik, air seharusnya sudah mulai mengalir meskipun tutup terbuka

Mesin Cuci Tidak Cukup Membersihkan Pakaian

Mesin cuci bekerja , namun hasil cucian tidak bersih? tentu hal ini akan membuat sobat kecewa, sedih, frustasi.... karena harus dua kali kerja. Jangan khawatir sobat, lakukan langkah berikut ini:
  1. Jangan bebani mesin cuci dengan pakaian yang penuh, karena akan membuat ruang gerak pakaian jadi terbatas, sehingga air dan detergen tidak dapat dengan leluasa membersihkan pakaian sobat.
  2. Gunakan detergen secukupnya, jangan terlalu banyak karena detergen yang berlebih justru akan menarik kembali kotoran ke dalam serat baju dari pada mengeluarkannya.
  3. Cuci secara terpisah barang barang yang digunakan oleh hewan peliharaan seperti kucing, ham, kelinci, karena beban kotorannya lebih banyak. 

Mesin Cuci Tidak Akan Berputar

Mesin cuci tidak mau berputar merupakan masalah klasik yang umum dijumpai, sobat bisa lakukan langkah praktis sebagai berikut:
  1. Atur posisi pakaian dalam bak mesin cuci secara merata dan seimbang, kemudian tutup kembali mesin cuci. Mesin harusnya dapat berputar secara otomatis jika pakaian terdistribusi dengan benar. Bahan bahan dengan tingkat penyerapan tinggi seperti handuk, sprei, bed cover sering tidak sempurna penempatannya.
  2. Periksa tingkat mesin di lantai. Mesin di luar level akan berhenti berputar; tindakan ini diprogram ke dalam mesin cuci pakaian Anda untuk keselamatan. Periksa level mesin dengan tingkat gelembung dan bawa mesin kembali ke level dengan menyesuaikan kaki. Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu mentingkatkan ulang lantai atau menambahkan platform tingkat di bawah mesin cuci.
  3. Periksa drainase dan selang pembuangan. Barang-barang kecil dapat menyumbat sistem drainase mesin. Anda mungkin dapat memeriksa pompa pembuangan mesin cuci tanpa melepasnya. Akhirnya, selang drainase yang mengarah dari bagian belakang mesin ke titik drainase dapat tersumbat.

Mesin Cuci bersuara keras, mengganggu 

Salah satu masalah mesin cuci yang lebih menjengkelkan adalah ketika mesin cuci membuat suara bergetar menggiling  selama siklus agitasi atau putaran. Perbaiki masalah ini sesegera mungkin, karena gerakan semacam ini dapat merusak mesin cuci dan membuat masalah baru.
  1. Bantalan bak cuci yang terletak tepat di bawah bak mandi, bisa jadi sudah usang dan butuh diganti yang baru. 
  2. Jika mesin cuci membuat suara berdecit, maka, bantalan bak mungkin perlu pelumasan. 
  3. Sabuk penggerak motor mesin cuci atau katrol dapat usang. Ini adalah perbaikan yang agak rumit karena harus memisahkan bagian penting dari mesin dengan motor. 
  4. Sabuk penggerak pompa mungkin retak, atau usang, biasanya tercium bau karet yang terbakar. 

Mesin Cuci Tidak Mau berputar bolak-balik (Agigate)

Salah satu masalah umum yang terkait dengan mesin cuci adalah baskom atau bak mesin diisi dengan air tetapi agitator pusat tidak bergerak. Agitasi adalah gerakan bolak-balik yang membersihkan pakaian. gerakan agritasi ini dilakukan oleh perangkat berbentuk kerucut plastik sentral yang disebut agitator. 
  1. Buka tutupnya saat mesin dalam mode agitasi. 
  2. Tekan  sakelar tutup dengan ujung pena yang tumpul agar mesin tidak berhenti saat tutupnya terbuka. 
  3. Jika mesin membuat suara agitasi normal atau bahkan suara gerinda, namun agitator tidak bergerak, Roda gigi mungkin usang atau rusak dan membutuhkan penggantian.
  4. Motor cuci mesin Anda mungkin telah dipengaruhi oleh lonjakan daya dan perlu diatur ulang. Semua merek memiliki prosedur pengaturan ulang yang berbeda; periksa user manual pemilik mesin cuci untuk informasi tentang pengaturan ulang motor. Misalnya, banyak mesin cuci General Electric mengharuskan Anda untuk mencabut mesin, menyambungkannya kembali, lalu mengangkat dan menurunkan tutupnya enam kali dalam 12 detik, menaikkan tutupnya minimal 2 inci untuk memutus koneksi magnetik sakelar tutup.

Mesin Cuci Bergetar, bergoncang dan berjalan

Ketika mesin cuci Anda berjalan, terutama selama siklus putaran, itu mungkin dengan keras mengguncang atau bergetar, seringkali begitu banyak sehingga mesin berjalan. Ini akan terjadi n jika Anda memiliki mesin efisiensi tinggi, yang memiliki siklus putaran yang lebih cepat. Mesin berjalan sangat berbahaya karena dapat terlepas dari saluran air atau saluran drainase, atau mereka mungkin tegang di kabel listrik dan menyebabkan kebakaran listrik.
  1. Mesin Anda mungkin perlu diseimbangkan kembali. Gunakan tingkat gelembung untuk menilai tingkat mesin dari sisi ke sisi dan depan ke belakang. Singgaskan level mesin dengan memutar kaki mesin ke atas atau ke bawah. Tidak seperti pengering, yang hanya memiliki dua kaki depan yang dapat disesuaikan, sebagian besar mesin cuci memiliki empat kaki yang dapat disesuaikan.
  2. Dengan kombinasi mesin cuci-pengering susun, tali koneksi mungkin telah mengendur, menyebabkan unit bergetar keras. Ini bisa menjadi situasi yang berbahaya, karena pengering mungkin jatuh dari mesin cuci. Kencangkan tali koneksi atau ganti tali jika perlu.
  3. Penyebab klasik dan paling mudah diperbaiki dari mesin cuci pakaian yang gemetar adalah beban yang tidak sempurna. Tiriskan barang-barang panjang dan berat di sekitar agitator pusat sehingga mereka tidak dikelompokkan di satu sisi. Memindahkan item besar ke sisi lain dari item yang sama besarnya.
  4. Pertimbangkan untuk membeli bantalan anti getaran. Pengujian independen telah menunjukkan bahwa bantalan yang tebal 3 inci melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mematikan gemetar dan getaran. Meskipun tidak murah, bantalan anti-getaran dapat menjadi alat yang berharga untuk mengurangi transmisi getaran mesin cuci ke lantai rumah Anda.
demikian, artikel tentang Masalah Mesin Cuci 1 Tabung, semoga bermanfaat, jika ada diskusi silakan tuliskan di kolom komentar.





Untuk mengetahui Nilai Hasil Ulangan, silakan langsung ke TKP Nilai UH 1