Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Sumber Energi Listrik, Macam dan Kegunaannya

Energi dari Alam Semesta

Matahari merupakan sumber energy yang kuat dari alam. Jarak matahari sekitar 93 Juta mil dari bumi, sehingga hanya sedikit energy yang dapat sampai dan dinikmati oleh manusia. Energi yang diberikan Matahari permukaan Bumi setiap detik lebih dari total listrik yang dihasilkan dari seluruh pembangkit energy listrik di dunia. 
Di bumi ini, manusia menggerakkan mesin sebagian besar dengan memanfaatkan energy yang telah ada , misalnya dari energy air yang menggerakkan turbin sehingga dapat membangkitkan energy 

Macam Pembangkit Energi Listrik

Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit Listrik Tenaga Air merupakan pembangkit yang menggunakan energi kinetik dan energi potensial dari air sehingga dapat menghasilkan listrik. Biaya operasional dari pembangkit listrik tenaga air ini relatif lebih murah, sehingga menjadikannya sumber energi terbaharukan yang kompetitif.


Gambar 1. bendungan untuk PLTA
sumber Gambar : cnnindonesia.com

Ongkos listrik tenaga air relatif rendah, menjadikannya sumber yang kompetitif untuk energi terbarukan. Pembangkitnya tidak menghabiskan air, tidak seperti pembangkit batu bara atau gas. Biaya listrik untuk ukuran 10 Mega Watt rata rata membutuhkan 3-5 sen Dolar AS per kilo wat jam (KWH). Penggunaan bendungan pada pembangkit listrik tenaga air akan menghasilkan energi listrik yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan. 
Kontruksi umum dari sebuah pembangkit listrik tenaga air adalah sebuah generator yang dihubungkan dengan turbin yang penggeraknya berasal dari tenaga kinetik air. Penggunaan air sebagai penggerak kinetik tidak hanya bersumber dari air waduk, namun bisa juga dengan memanfaatkan tenaga ombak.

Pembangkit Listrik tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan pembangkit yang menggunakan energi dari sinar matahari. Penggunaan energi matahari menjadi salah satu sumber alternatif yang sangat potensial. Kondisi iklim tropis di indonesia, memungkinkan di tiap wilayah indonesia mendapatkan sinar matahari dengan intensitas yang cukup untuk digunakan sebagai pembangkit listrik sepanjang tahun. Ada beberapa alasan mengapa sobat perlu mencoba untuk menggunakan energi alternatif ini, yaitu:


PLTS
Gambar 2. Panel Surya untuk Pembangkit Loistrik Tenaga Surya
Sumber Gambar : berbagilistrik.org

Tenaga surya merupakan energi yang ramah lingkungan, tidak mencemari lingkungan, tidak menghasilkan gas rumah kaca. Energi dari matahari ini tidak tergantung dengan energi lain, selagi matahari masih ada, maka sumber energi tersebut akan selalu bisa digunakan.
Panel surya yang digunakan mampu bertahan hingga 20 tahun, tentu dengan perawatan yang kontinyu. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran .
Membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas, cukup dengan memasang solar cell pada atap rumah atau kebun kosong.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir adalah  pembangkit listrik dimana panas dihasilkan dari beberapa reaktor nuklir untuk membangkitkan energi listrik. PLTN akan bekerja dengan baik jika kondisi keluarannya konstan
Kapasitas daya yang dihasilkan dari sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir berkiasar antara 40 MW sampai 2000 MW. Pada tahun 2015, jumlah PLTN yang sudah beroperasi di dunia berjumlah 437 yang mampu menghasilkan seperenam energi listrik di dunia.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Gambar 3. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Sumber Gambar : wikipedia.org

PLTN dapat diklasifikasikan berdasarkan dari reaktor yang dipakai. Ada beberapa jenis unit reaktor nuklir yang menggunakan bahan bakar dari uranium dan plutonium

Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa merupakan pembangkit listrik dengan bahan bakar dari konversi bahan organik dan biologis. Penggunaan bahan bakar yang berasal dari fosil sudah terbukti banyak memberikan kerugian, sehingga alternatif bahan dengan resiko aman dikemudian hari adalah menggunakan bahan biomassa. Pembangkit Listrik energi biomassa dapat mengurangi tingkat emisi karbon dan jauh lebih bersih



Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa


Gambar 4. Pengbangkit Listrik Tenaga Biomassa
Sumber Gambar : ekbis.sindonews.com

Di Indonesia, pengembangan energi biomassa ini telah banyak dilakukan, bahkan menempati urutan kedua tertinggi setelah minyak bumi. Pembangkit Listrik tenaga biomassa mennggunakan sambah yang diolah melalui konversi thermal. Sampah/limbah yang digunakan untuk bahan baku pembangkit listrik jenis ini diantaranya berasal dari jerami, kotoran unggas, ampas tebu dan kotoran ternak lain.
Demikian artikel tentang Sumber Energi Listrik, semoga bermanfaat