Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Kabel Listrik, Jenis dan Penggunaannya.

Listrik Sebagai Kebutuhan

Listrik termasuk dalam salah satu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Hampir seluruh peralatan masa kini membutuhkan listrik sebagai sumber energinya. Penggunaan listrik ini tidak dapat dipungkiri juga membutuhkan media berupa kabel untuk menyambungkan masing masing beban dengan sumber listrik. 

Bermacam macam kabel listrik digunakan dengan berbagai peruntukan, tergantung besarnya arus yang mengalir dalam kabel tersebut. Untuk memahami dan mengetahui lebih lanjut tentang kabel listrik, berikut ini akan kita bahas satu persatu.

Pengertian Kabel Listrik


Kabel listrik merupakan sebuah media untuk mengalirkan arus listrik. Kabel listrik terbuat dari bahan konduktor dan isolator.Bahan konduktor dapat dibuat dari bahan tembaga atau aluminium. Konduktor berfungsi untuk mengalrkan arus listrik, sedangkan bahan isolator adalah bahan yang digunakan untuk membungkus kabel, biasanya dibuat dari termoplastik. Bahan isolator tidak bisa mengalirkan/ menghantarkan arus listrik, sehingga bahan ini dapat melindungi kita dari sentuhan langsung dengan konduktor.
kabel listrik
Gambar 1. Kabel Listrik
Sumber Gambar : housingestate.id


Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Penggunaan energi listrik memiliki resiko menyebabkan kecelakaan karena kelalaian saat memperbaiki instalasi listrik dan peralatan yang menggunakan sumber listrik. Aspek kesehatan dan keselamatan kerja mutlak diperlukan pada saat bekerja dengan listrik. Ada beberapa hal yang perlu diketahui, diantaranya:

Mengenal dengan baik peralatan yang diperbaiki

Pada saat melakukan perbaikan peralatan litrik, kita harus paham betul dengan objek yang akan kita perbaiki. Pelajari user manual dari peralatan tersebut. Lakukan penelusuran sumber litrik yang digunakan, sehingga kita dapat terhindar dari kemungkinan tersengat listrik.

Menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD)

Menggunakan APD dalam memperbaiki peralatan listrik merupakan tahap awal yang penting, karena dengan menggunakan APD kita akan terhindar dari resiko bahaya saat memperbaiki peralatan listrik. Adapun jenis APD yang digunakan adalah : sarung tangan karet, sepatu atau sandal yang terbuat dari karet, peralatan tangan yang dilengkapi dengan bahan isolator, seperti obeng, tespen, tank dan lain sebagainya.

Periksa Sumber listrik

Pada saat melakukan perbaikan peralatan listrik, pastikan peralatan tersebut tidak terhubung dengan sumber listrik. Sobat bisa mencabut stop kontak jika memperbaiki peralatan listrik atau  menurunkan MCB pada meter listrik, pada saat memperbaiki instalasi listrik.


Jenis Jenis Kabel Listrik dan Penggunaanya


Setiap Kabel terbuat dari bahan yang berbeda beda tergantung penggunaanya. Untuk mengidentifikasi jenis kabel tersebut, biasanya dilengkapi dengan informasi berupa bahan dasar pembuatan kabel, ukuran,, tegangan kerja, dan jumlah kabel intinya. Informasi ini biasanya bisa sobat temukan pada isolator pembungkus kabel dan kemasan kabel. Berikut   jenis jenis kabel listrik beserta gambarnya, serta penggunaannya

1. Kabel NYM

Jenis kabel listrik nym adalah kabel listrik yang memiliki beberapa kabel inti yang dilapisi isolasi PVC. Kabel NYM merupakan jenis kabel listrik untuk instalasi rumah. Kabel jenis ini  aman digunakan pada kondisi medan yang basah.
Kabel NYM
Gambar 2. Kabel NYM
Sumber Gambar : shopee.co.id

2. Kabel NYY
Kebel jenis ini berinti tembaga dengan isolasi dari bahan PVC. Jenis kabel ini digunakan untuk instalasi tetap yang ditanam di tanah pada kondisi terbuka dengan penambahan berupa duct, pipa besi atau pipa PVC. Isolator pada kabel jenis ini memiliki bahan yang lebih kuat, dan tahan gigitan hewan pengerat, sehingga harganyapun lebih mahal.
Kabel NYY
Gambar 3. Kabel NYY
Sumber gambar : bukalapak.com


3. Kabel NYA
Jenis kabel ini memiliki inti yang terbuat dari tembaga yang lapisan isolatornya berupa PVC satu lapis. Penggunaan kabel jenis ini adalah untuk instalasi di rumah residen dan untuk instalasi kabel udara. Penggunaan kabel ini sebaiknya menggunakan pelindung berupa pipa PVC.
Kabel NYA
Gambar 4. Kabel NYA
sumber Gambar : shopee.co.id


4. Kabel NYAF

Kabel jenis ini memiliki inti berupa tembaga serabut, berinti tunggal dengan isolator berbahan PVC 1 lapis. Kabel ini sangat fleksibel karena intinya berupa serabut tembaga. Jenis kabel NYAF ini bagus digunakan untuk instalasi panel listrik, karena fleksibel untuk ditekuk sesuai kebutuhan. Kabel jenis ini tidak cocok digunakan pada tempat terbuka, karena mudah mengelupas.

Kabel NYAF
Gambar 5. Kabel NYAF
Sumber Gambar : shopee.co.id


5. Kabel NYYHY

Kabel jenis NYYHY ini mempunyai satu atau lebih inti serabut yang terbuat dari tembaga. Kabel ini mempunyai selubung luar dari bahan isolator PVC. Kabel jenis ini banyak digunakan untuk keperluan di dalam rumah karena fleksibelitas dan mudah dipasang.

Kabel NYYHY



Gambar 6. Kabel NYYHY
Sumber Gambar : shopee.co.id

 

6. Kabel NYMHY

Jenis kabel NYHMY ini mempunyai lebih dari 1 inti berbahan tembaga dan berbentuk serabut. Kabel ini memiliki bahan isolator PVC, dan sering digunakan pada instalasi litrik rumah tangga dengan daya dibawah 900 VA. Kabel jenis ini memiliki tiga bagian utama, yaitu konduktor, isolator dalam, dan isolator bagian luar


Kabel NYMHY



Gambar 7. Kabel NYMHY
Sumber gambar : shopee.co.id

7. Kabel NYMHYO

Jenis kabel ini memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut yang diisolasi dengan bahan isolator PVC dan memiliki selubung luar. Kabel ini sering dipakai di peralatan audio, seperti sound system, kabel loudspeaker, dan lain-lain. Kabel NYMHYO tidak didesain untuk instalasi listrik arus besar dan penggunaannya hanya untuk di dalam ruangan karena kabel ini tidak memiliki selubung luar yang tahan cuaca.

Kabel NYMHYO


Gambar 8. kabel NYMHYO
Sumber gambar : shopee.co.id



8. Kabel BC

Jenis Kabel bare core atau kabel BC merupakan kabel yanag tidak mempunyai lapisan isolator. Penggunaan kabel ini adalah untuk instalasi penangkal petir dan untuk keperluan grounding. Pada praktiknya penggunaan jenis kabel ini juga sangat disarankan menggunakan PVC.

9. Kabel ACSR

Kabel jenis ACSR merupakan kabel yang dibuat dari bahan aluminium dengan inti terbuat dari baja. Penggunaan kabel jenis ini adalah untuk instalasi arus listrik dalam skope yang besar, misalnya pada perusahaan listrik. Kabel ini digunakan untuk menghantarkan arus litrik yang besar antar menara/tiang listrik. Kabel jenis ini tidak mempunyai lapisan isolator , dengan maksud agar kabel inti bisa dengan segera menurunkan suhu jika menhantarkan arus yang terlalu besar.

10. Kabel NYRGBY/NYFGBF/NYBY

Kabel jenis NYRGBY/NYFGBF/NYBY merupakan kabel yang mempunyai satu inti atau lebih dengan isolator dari bahan PVC. Kabel ini mempunyai pelindung kawat yang berbentuk bulat berbahab baja dan lilitan baja plat. Disamping itu juga mempunyai isolasi berbahan PVC dibagian luar.Penggunaan kabel ini adalah dengan ditanam tanpa membutuhkan perlindungan tambahan, namun lebih baik ditambah dengan pipa PVC jika ditimbun di bawah jalan raya


Demikian, artikel tentang Kabel listrik, jenis dan penggunaanya, semoga bermanfaat.