Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Instalasi Steker dan Fitting Lampu dengan satu saklar tunggal

Memasang steker dengan kabel dan fitting lampu merupakan pekerjaan yang sangat sederhana, namun ada kalanya masih ada yang salah dalam memasangnya. Pada instalasi sederhana, dengan sebuah steker dan fitting ini biasanya dipakai untuk para penjual warung klontong untuk mengecek lampu yang dijualnya, apakah nyala atau mati.Bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana dan mudah di dapatkan, yaitu steker, kabel ukuran panjang 1,5 m, saklar tunggal dan fitting lampu.

Steker Broco


Steker broco merupakan sebuah steker yang bisa di bongkar pasang dengan mudah. Steker ini memiliki 2 kaki dan 1 arde. Penggunaan arde merupakan optional, jadi bisa dipakai atau tidak, namun untuk memaksimalkan keamanan, sebaiknya dipasang. Berikut ini cara memasang kabel di steker borco yang benar.
steker


Gambar 1. Steker Broco

  1. Buka steker broco , ada yang jenis tanpa sekrup ada yang menggunakan sekrup. Pada contoh kali ini yang kita gunakan adalah yang menggunakan sekrup.
  2. Buka Pengikat kabel, dengan mengendorkan sekrup.
  3. Masukkan kabel yang telah dikupas, dan sesuaikan dengan panjang steker.
  4. Masukkan kedua inti kabel tersebut pada terminal kabel Fase/Netral
  5. Tutup steker dengan mengencangkan baut pengunci

Fitting Lampu

Fitting lampu adalah tempat untuk memasang lampu pada sebuah instalasi listrik. Fitting ada dua jenis, yaitu fitting gantung dan fitting tempel, masing masing digunakan sesuai dengan kebutuhan. Fitting tempel digunakan untuk pemasangan lampu di plafon sedangkan fitting gantung biasanya digunakan pada lampu gantung. Cara memasang fitting yang benar adalah sebagai berikut




fitting lampu

Gambar 2. Fitting Lampu
  1. Bukalah fitting, perhatikan dua sekrup yang ada di dalamnya.
  2. Satu sekrup terhubung ke lidah fitting (Fase)dan yang lainnya ke body dalam fitting ( netral)
  3. Hubungkan kabel Fase ( warna hitam. PUIL 2011) ke sekrup yang terhubung pada lidah fitting dan kabel biru pada sekrup yang terhubung pada body dalam fitting ( Netral).

Saklar Tunggal

Saklar  tunggal adalah sebuah komponen kelistrikan yang berfungsi menyambung dan memutus aliran arus listrik. Saklar tunggal hanya memiliki dua terminal, yaitu yang terhubung ke Kabel Fase dari sumber tegangan, dan yang lain ke beban ( lampu).  Cara pemasangan Saklar Tunggal Yang benar adalah sebagai berikut:



Saklar Tunggal
Gambar 3. Saklar Tunggal

  1. Bukalah saklar dengan obeng 
  2. Perhatikan  kedua terminal saklar
  3. Hubungkan terminal atas ke kebal fase sumber tegangan
  4. hubungkan terminal bawah ke kabel beban lampu
  5. tutup kembali saklar tunggal dengan obeng

Instalasi lampu dengan sebuah saklar tunggal dan steker.

Setelah sobat memahami cara pemasangan steker, fitting dan saklar, sekarang saatnya membuat instalasi lampu dengan sebuah saklar tunggal yang dihubungkan ke sumber tegangan dengan sebuah steker, 

Rangkaian satu lampu dengan saklar Tunggal
Gambar 4. Instalasi satu lampu dengan satu saklar tunggal dan steker

Dari gambar rangkaian di atas, bila steker dihubungkan ke sumber tegangan, maka akan ada arus listrik yang mengalir melewati saklar. Bila saklar tertutup, maka fase akan menuju ke lampu, sedangkan netral dari sumber tegangan selalu terhubung dengan lampu, maka lampu akan menyala. Sebaliknya jika saklar terbuka maka kabel fase tidak dapat mengalirkan arus ke lampu, sehingga lampu akan padam, 
Demikian artikel tentang pemasangan lampu dengan saklar tunggal dan steker. Semoga bermanfaat