Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Perkakas Tangan, jenis dan Penggunaannya

Pengertian Perkakas dalam Pekerjaan Bengkel

Perkakas bengkel adalah peralatan yang ada di bengkel, berupa perkakas dengan tenaga manusia dan perkakas yang digerakkan oleh mesin. Perkakas yang dioperasikan oleh manusia biasa digunakan untuk pekerjaan pekerjaan di bengkel kerja bangku, dan biasa juga dipakai untuk memperbaiki peralatan rumah tangga. Perkakas bergerak merupakan perkakas yang digerakkan oleh mesin. Perkakas jenis ini banyak digunakan di industri atau bengkel bengkel yang besar. Berikut ini akan dibahas tentang macam macam perkakas tangan dan fungsinya

Perkakas Tangan.

Perkakas tangan adalah peralatan yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia yang pengoperasiannya menggunakan tenaga tangan. Perkakas tangan ada bermacam macam, tergantung pekerjaan yang akan dilakukan. Adapun perkakas tangan yang biasa digunakan diantaranya:

1. Ragum

Ragum adalah perkakas tangan yang dapat dipakai untuk menjepit benda kerja yang akan dikikir, dipahat atau ditap. Penggunaan alat ini juga sangat mudah, yaitu dengan memutar tuas ragum, setelah ragum terbuka, posisikan benda kerja yang akan dijepit. Putar kembali tuas untuk menutup dan mengencangkan ragum agar menjepit benda kerja. Perhatikan cara memutar tuas ragum ya sobat, jangan sampai benda kerja yang dijepit menjadi rusak.
Ragum
Gambar 1. Ragum
sumber gambar: tokopedia.com

2. Kikir

Kikir adalah perkakas tangan yang biasa digunakan untuk mengikis, menghaluskan dan meratakan benda kerja. Kikir terdiri dari berbagai macam, tergantung penggunaannya.
  • Kikir plat digunakan untuk mengikir bidang dengan permukaan rata.,
  • Kikir Pilar digunakan untuk bidang kerja yang berukuran besar
  • Kikir segiempat, digunakan untuk benda kerja dengan penampang berbentuk persegi dengan lubang segiempat.
  • Kikir segitiga, digunakan pada benda kerja dengan lubang berbentuk segi tiga.
Gambar 2. Kikir

3. Pahat Tangan

Pahat tangan digunakan untuk membuat sayatan dan memahat benda kerja dengan kondisi dingin. Pahat tangan ada beberapa macam tergantung penggunaannya.
Macam Macam Pahat
Gambar 3. Macam Macam Pahat

  • Pahat plat, digunakan untuk mengikis benda benda cembung, meratakan bidang. memeotong baut.
  • Pahat Alur/ silang, digunakan untuk membuat alur sempit dan alur minyak.
  • Pahat Dam digunakan untuk membuat alur, memperbaiki pengeboran dan lain sebagainya.

Posisi Penggunaan Pahat yang benar

Gambar 4 Cara Menggunakan Pahat yang Benar

4. Palu

Palu adalah salah satu perkakas yang difungsikan untuk memukul benda kerja. Palu terbuat dari bahan baja dengan dua ujungnya yang dikeraskan. Bermacam macam jenis palu, diantaranya : Palu pencabut paku, palu pemecah batu, palu muka simetris, palu karet, dan lain sebagainya. 

5. Obeng

Obeng merupakan peralatan tangan yang fungsinya untuk mengencangkan sekrup. Berdasarkan jenisnya, obeng dibagi menjadi bermacam macam bentuk, yaitu obeng plus, obeng minus, obeng segi enam, obeng segitiga dan lain sebagainya. Sedangkan berdasarkan ukuran obeng  bisa dibagi menjadi no 1, 2 dan 3


Gambar 5. obeng dengan berbagai jenis
sumber gambar : shopee.co.id

6. Kunci Ring dan Pas

kunci ring adalah kunci yang berbentuk bulatan ( ring) yang digunakan untuk mengencangkan baut yang berukuran besar. Kunci ring biasa digunakan untuk mengencangkan baut pada sepeda motor, mobil dan mesin.

Penggunaan Kunci Ring yang Benar
Gambar  Penggunaan Kunci Pas dan Ring