Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Cara Mengoperasikan Zelio SR3B261FU, Smart Rellay

Pengertian Zelio SR3B261FU

Zelio Logic adalah perangkat yang membuat sobat mudah dalam mengerjakan berbagai pekerjaan karena sistem kontrol yang sudah disederhanakan Smart relay yang digunakan untuk sistem kontrol mulai dari 10 hingga 40 I / O.Modul ini bekerja melalui sinyal input dan output. Modul Logika Zelio memungkinkan dapat dikontrol penuh dan pemantauan atas instalasi yang sudah sobat desain dari jarak jauh atau di situs. Sobat dapat dengan mudah  memprogram perangkat lunak dengan menggunakan tombol yang terletak di bagian depan modul.

Zelio SR3B261FU
Gambar 1.  Modul Zelio SR3B261FU



Kelebihan Kelebihan yang dimiliki  Zelio SR3B261FU

Zelio SR3B261FU selain memiliki bentuk yang elegan dan praktis, juga memiliki beberapa kelebihan sevagai berikut:
  1. Antarmuka yang mudah diprogram, menggunakan tombol sederhana yang terletak di bagian depan relay. Program via Windows PC, menggunakan  bahasa LADDER atau  Function Block diagram language (FBD).
  2. Memiliki 6 hingga 10 output & 4 hingga 10 input (tergantung pada model) memungkinkan Anda fleksibilitas dalam jumlah perangkat yang berdiri sendiri yang perlu Anda masukkan / output.
  3. Layar lampu latar LCD untuk aksesibilitas yang lebih mudah.
  4. Konsumsi daya rendah dengan tegangan i mulai dari 12 V dc hingga 24 V dc (lihat spesifikasi untuk model tegangan tertentu).
  5. Memiliki Real time yang ada dalam perangkat, sehingga semua sistem terpantau secara efektif df.
  6. DIN Rail atau pemasangan panel dengan terminal sekrup tergantung pada kebutuhan sobat

Penggunaan   Zelio SR3B261FU

Logic modul sangat berguna pada saat sobat mau membuat suatu system bekerja dengan sendirinya, tanpa ada intervensi manusia, bahkan dapat dihubungkan dengan logic modul yang lain. Penerapan dari penggunaan zelio ini diantaranya untuk :
  1. Control systems for smaller machinery /system kontrol untuk  mesin yang kecil
  2. Lighting management/ pengaturan pencahayaan
  3. Heating and air conditioning controls /Pengatur pengkondisian udara
  4. Smart Rellay, untuk pengaturan kontrol peralatan listrik rumah secara otomatis

Spesifikasi 

Zelio yang digunakan dalam rancangan percobaan ini adalah jenis Zelio SR3B261FU dengan spesifikasi sebagai berikut :

Spesifikasi Zeliuo

Zelio Smart Relay, Fungsi dan Bagian-bagian 

Fungsi dan bagian-bagian Zelio smart relay dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Perlu diketahui bahwa pada smart relay memiliki 2 tipe output, yaitu tipe static output yang disupply dengan DC voltage, dan tipe relay output yang dapat disupply dengan AC atau DC voltage. 




Bagian Bagian Zelio

Fungsi dan bagian-bagian dari smart relay zelio yang di tunjukkan pada gambar di atas adalah sebagai berikut : 
  1. Lubang terminal power supply, berfungsi sebagai tempat untuk memberikan sumber tegangan pada smart relay zelio
  2. Lubang terminal input diskrit berfungsi sebagai terminal inputan diskrti atau inputan digital on/off
  3. Lubang terminal input analog berfungsi sebagai terminal inputan berupa tegangan analog 220 AC
  4. Nomor tipe smart relay untuk menunjukan tipe smart relay yang di gunakan
  5. LCD display berfungsi apabila kita ingin memprogram smart relay secara langsung tanpa menggunakan laptop/PC ataupun menunjukan apakah smart masih berfungsi atau tidak
  6. Lubang memori cartridge atau port untuk koneksi antarmuka smart relay zelio dengan laptop/PC
  7. Tombol navigasi kiri untuk mengarahkan kursor ke kiri
  8. Tombol navigasi bawah untuk mengarahkan kursor ke bawah
  9. Tombol navigasi atas untuk mengarahkan kursor ke atas
  10. Tombol navigasi kanan untuk mengarahkan kursor ke kanan
  11. Tombol menu/OK untuk menampilkan dan memilih menu, submenu, program ataupun parameter pada program
  12. Tombol shift untuk menampilkan menu kontekstual yang akan muncul pada LCD di atas tombol navigasi, serta merubah fungsi tombol navigasi menjadi fungsi dari masing-masing menu tersebut
  13. Lubang terminal output berfungsi sebagai lubang terminal untuk outputan dari smart relay

Prinsip kerja smart relay

Setelah mempelajari tentang arsitektur dan bagian-bagian dari smart relay di atas, maka dapat diketahui bahwa prinsip kerja dari smart relay adalah terdiri dari 3 tahapan yaitu : 
  1. Read : membaca data dari perangkat masukan yang terkoneksi dengan input smart relay
  2. Execute : mengeksekusi instruksi atau program yang tersimpan pada memori
  3. Write : menuliskan atau mengeluarkan output dari hasil input yang telah di eksekusi dengan program yang telah di buat

Mengoperasikan Zelio dengan Software

Untuk dapat mengoperasikan zelio sebagai alat untuk kontrol, sobat harus memulai dengan mendesain rangkaian dalam sebuah aplikasi komputer, kemudian baru dapat diupload di mesin zelio. Berikut ini akan dibahas tentang penggunaan aplikasi komputer, mendesain serta merakit hardware zelio beserta pengawatannya.

Merencanakan Gambar rangkaian dengan Zeliosoft V5.3.1

Sebelum sobat merencanakan gambar rangkaian alangkah baiknya sobat instal dulu aplikasi yang digunakan. Sobat bisa download disini. Untuk spesifikasi PC yang digunakan juga harus sobat perhatikan, minimal RAM 2 GB agar tidak terlalu lambat. Setelah sobat instal aplikasi tersebut, mari kita pelajari bagaimana memulai membuat rancangan sebuah rangkaian. 

Memulai Zelio software
Setelah sobat instal aplikasi zeliosoft, kemudian jalankan apliasi tersebut. Akan muncul tampilan sebagai berikut:
Silakan pilih Perangkat yang akan sobat gunakan, dalam hal ini sobat bisa memilih 26 I/O with extension, kemudian akan tampil gambar sebagai berikut

pilihlah jenis zelio yang akan sobat gunakan, dalam hal ini sobat bisa memilih : Zelio SR3B261FU , kemudian klik Next
Akan muncul beberapa pilihan, sobat bisa memilih : SR3XT61FU, dengan input 4 disc dan output 2 rellay, kemudian klik next.

Akan tampil jendela seperti gambar di atas, silakan sobat pilih LADDER., kemudian lanjutkan dengan klik Next, maka akan muncul jendela seperti pada gambar berikut


Setelah muncul jendela kosong , sobat bisa mulai membuat rangkaian diagram kelistrikan LADDER, dengan memilih komponen komponen yang telah disediakan. Adapun komponen yang tersedia diantaranya:

1. Discrete input
Pada bagian ini sobat bisa memilih input yang digunakan, mulai dari input 1 sampai input 16 berupa kontak yang bisa di posisikan sebagai Normally open (NO) atau Normally Close (NC), sobat tinggal menarik bagian i1, i2 dst ke jendela yang telah disediakan. Untuk merubah dari No ke Nc, klik kanan, pilih menunya.


2. Auxily Rellay
Auxily rellay ini dapat digunakan sebagai internal memori terdiri dari M1 sampai M 56 yang ditempatkan pada bagian contact. sedangkan bagian Active on Contactor state, active on impulse rellay edge, lacth activation set dan lacth activation reset yang ditempatkan pada bagian coil. Penggunaan auxily rellay ini sangat memudahkan sobat dalam membuat perancangan dan memudahkan dalam pengecekan.

3. Discret Output 
Discret output terdiri dari Q1 sampai Q10, merupakan kontaktor, yang dapat dibuat dengan kondisi Normally open (NO) dan Normally Close (NC) dan ditempatkan pada bagian contact sedangkan bagian Active on Contactor state, active on impulse rellay edge, lacth activation set dan lacth activation reset digunakan pada bagian coil.

4. counter
counter terdiri dari C1 sampai C28 yang difungsikan sebagai counter, dipasang pada bagian contact yang dapat dibuat dengan kondisi Normally open (NO) dan Normally Close (NC), sedangkan  Upcounting, counting direction, initialization dipasangkan di bagian coil

Setelah mengetahui fungsi dasar dari komponen yang ada pada zeliosoft, berikut ini adalah contoh desai rangkaian ladder sederhana yang dapat di transfer ke modul zelio.





Merancang Pengawatan dengan Modul Zelio 

Setelah sobat mempersiapkan gambar rangkaian pada software zeliosoft, dan sudah disimulasikan dengan tepat tanpa ada kesalahan (error), maka langkah berikutnya adalah merancang pengewatan dengan modul zilog. Perhatikan gambar rangkaian ladder yang sudah sobat buat. Pada contoh di atas, perhatikan bagian bagian yang dijadikan input, output , fase, netral.
Pengawatan sederhana dengan Zelio


  1. Bagian input : menggunaka i1 dan i2 yang dihubungkan dengan Push Button 1 dan 2, yang kaki lainnya dihubungkan ke fase
  2. Bagian output menggunakan o1 dan o2, dihubungkan dengan lampu 1 dan 2, dengan kaki yang lainnya dihubungkan ke fase melalui Q1 dan Q2
  3. Bagian fase dihungkan ke sumber tegangan melalui MCB
  4. Bagian Netral dihubungkan ke netral pada sumber tegangan.

setelah semua pengawatan dibuat sesuai dengan gambar rangkaian, maka langkah selanjutnya adalah melakukan transfer (upload) program dari PC ke zelio menggunakan kabel uploader.
  • Pasangkan kabel uploader pada modul zelio, yang dihubungkan ke PC dengan USB.
  • Buka zeliosoft yang sudah dirancang tadi
  • Atur port yang digunakan, sobat bisa mengetahuinya dengan cara klik transfer-communication configuration, perhatikan port yang digunakan. Jangan lupa untuk menyamakan dengan port pada device manager. Ubah Com sesuai yang ada pada device manager.
  • klik transfer-transfer program-Pc modul
  • Klik Run after proses.
  • tunggu prosesnya hingga selesai.
  • lakukan uji coba dengan menekan push button 1 dan push bitton 2
  • perhatikan lampu pada output, jika sudah sesuai dengan simulasi pada zilosoft berarti program berfungsi dengan baik dan pengawatan pada modul zelio benar.


Demikian artikel tentang penggunaan smart rellay Zelio SR3B261FU, untuk contoh program bisa sobat  baca pada artikel contoh aplikasi dengan zelio, semoga bermanfaat.

Sumber Bacaan
Modul 4 Diklat PjBL 2021