Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

Modulasi Sudut /eksponensial, Jenis, kelebihan dan kekurangan

Pengertian Modulation:

Modulasi adalah teknik di mana sinyal pesan ditransmisikan ke penerima dengan bantuan sinyal pembawa. Modulasi,merupakan cara untuk menggabungkan antara sinyal pesan dan sinyal pembawa  Sebagai analoginya, sobat memiliki kertas yang berisi pesan dan  ingin dikirim  ke teman   yang berdiri 40 kaki dari tempat sobat. Tentu saja sobat tidak bisa hanya melalui kertas ke teman karena kertas tidak akan menempuh jarak sebanyak itu tetapi jika  sobat mengambil batu kecil dan menutupi kertas dengan itu dan melalui itu ke teman sobat  itu pasti akan mencapai target. Dengan cara yang sama, kita membutuhkan sinyal pembawa untuk mengirimkan pesan kita. Terkadang, sinyal pesan juga disebut sebagai sinyal modulasi. Definisi modulasi yang tepat dapat disimpulkan sebagai berikut :  Modulasi adalah proses sinyal pesan dan modulasi bervariasi sesuai dengan sinyal pembawa untuk tujuan transmisi. Sinyal pesan dapat bervariasi sesuai dengan sinyal pembawa yang dalam hal sudut atau amplitudo. Jadi kami memodulasi sinyal."

Manfaat Modulasi 

Ada beberapa manfaat dari penggunaan sistem modulasi ini, diantaranya :
  1. Meningkatkan kualitas penerimaan. 
  2. mengurangi ketinggian antena. 
  3. Hindari pencampuran sinyal frekuensi yang berbeda dan meningkatkan jangkauan komunikasi yaitu tanpa modulasi, kita dapat mengirimkan pesan hingga 100 meter dan dengan modulasi, kita dapat mengirimkan pesan hingga 150 meter. 
  4. Memungkinkan fleksibilitas untuk menyesuaikan bandwidth.


Modulasi sudut Modulasi eksponensial

Modulasi sudut adalah modulasi dimana Sudut gelombang pembawa berubah sesuai/berpadanan dengan gelombang informasi kata lain informasi ditransmisikan dengan perubahan sudut signal carrier
Terdapat hubungan yang non linier (eksponensial) antara karakteristik sinyal yang termodulasi dengan
Karakteristik sinyal informasi (sinyal pemodulasi)
Sudut sinyal carrier berubah sesuai dengan sinyal informasi dengan persamaan modulasi sudut. Dalam modulasi sudut, sekali lagi ada dua jenis modulasi yang berbeda.
1. Frequency modulation
2. Phase modulation.

Frequency Modulation:

Proses frekuensi sinyal pembawa bervariasi sesuai dengan sinyal pesan atau frekuensi sinyal modulasi dengan menjaga konstanta amplitudo disebut modulasi frekuensi.

Kelebihan Frekuensi Modulasi

Modulasi frekuensi memiliki lebih banyak resistivitas kebisingan bila dibandingkan dengan teknik modulasi lainnya. Itu sebabnya mereka terutama digunakan dalam penyiaran dan komunikasi radio. Dan kita semua sangat menyadari bahwa komunikasi radio menggunakan terutama modulasi frekuensi untuk transmisi. Kita tahu bahwa kebisingan akan terjadi terutama pada amplitudo sinyal. Dalam modulasi frekuensi, amplitudo dibuat konstan dan hanya frekuensi yang bervariasi, sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui kebisingan dalam amplitudo dengan menggunakan pembatas.
Modulasi frekuensi memiliki ketahanan yang lebih besar terhadap variasi kekuatan sinyal yang cepat, yang akan kita gunakan di radio FM bahkan ketika kita bepergian dan modulasi frekuensi juga terutama digunakan dalam tujuan komunikasi seluler.

Modulasi Frekuensi
Gambar 1. Modulasi Frekuensi
Untuk mentransmisikan pesan dalam modulasi frekuensi, tidak memerlukan peralatan khusus seperti amplifier linier atau repeater dan tingkat transmisi atau lebih tinggi bila dibandingkan dengan teknik modulasi lainnya. Tidak memerlukan amplifier kelas C atau B untuk meningkatkan efisiensi.
Tingkat transmisi baik untuk modulasi frekuensi jika dibandingkan dengan modulasi lain yaitu modulasi frekuensi dapat mengirimkan sekitar 1200 hingga 2400 bit per detik.
Modulasi frekuensi memiliki efek khusus yang disebut efek penangkapan di mana sinyal frekuensi tinggi akan menangkap saluran dan membuang frekuensi rendah atau sinyal lemah dari gangguan..

Kekurangan Modulasi Frekuensi:

Di bagian transmisi, kita tidak memerlukan peralatan khusus tetapi dalam penerimaan, kita membutuhkan demodulator yang lebih rumit untuk mendemodulasi sinyal pembawa dari pesan atau memodulasi sinyal.
Modulasi frekuensi tidak dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan dan kecepatan objek yang bergerak. Interferensi statis lebih banyak jika dibandingkan dengan modulasi fase. Gangguan luar adalah salah satu kelemahan terbesar dalam modulasi frekuensi. Mungkin ada pencampuran karena stasiun radio terdekat, pager, walkie-talkie konstruksi dll.
Untuk membatasi bandwidth dalam modulasi frekuensi, kami menggunakan beberapa filter yang akan kembali memperkenalkan beberapa distorsi dalam sinyal.
Pemancar dan penerima harus berada di saluran yang sama dan satu saluran gratis harus ada di antara sistem.
Ruang spektrum adalah batas untuk modulasi frekuensi dan hati-hati mengendalikan ransum deviasi.

Penerapan Frekuensi Modulasi (FM):

Modulasi frekuensi digunakan dalam radio yang sangat umum dalam kehidupan kita sehari-hari.
  1. Modulasi frekuensi digunakan dalam frekuensi audio untuk mensintesis suara.
  2. Untuk merekam sinyal video oleh sistem VCR, modulasi frekuensi digunakan untuk frekuensi menengah.
  3. Digunakan dalam aplikasi penyimpanan pita magnetik.
Sobat dapat mempelajari lebih lanjut tentang penerapan FM dalam Membuat Radio FM Arduino uno

Phase Modulation:

Dalam modulasi fase, kita memvariasikan sinyal pembawa sesuai dengan fase sinyal modulasi atau sinyal pesan dengan menjaga frekuensi konstan. Jika amplitudo pesan atau sinyal modulasi sangat besar maka pergeseran fase juga akan lebih besar.

Kelebihan dan Kekurangan Modulasi Fase:

  1. Keuntungan utama dari modulasi fase adalah bahwa ia memiliki lebih sedikit gangguan dari statis, itulah sebabnya kami menggunakan jenis modulasi ini dalam mencari tahu kecepatan atau kecepatan objek yang bergerak. Dalam modulasi frekuensi, kita tidak dapat mengetahui kecepatan objek yang bergerak.
  2. Kerugian utama adalah ambiguitas fase datang jika kita meningkatkan indeks modulasi fase, dan kehilangan data lebih banyak dan kita membutuhkan peralatan khusus seperti pengganda frekuensi untuk meningkatkan indeks modulasi fase.

Penerapan Modulasi Fase

  1. Aplikasi modulasi fase tidak berbeda dengan modulasi frekuensi. Modulasi fase juga digunakan dalam sistem komunikasi.
  2. Ini dapat digunakan dalam keying pergeseran fase biner.
Demikian artikel tentang Modulasi sudut, semoga bermanfaat.