Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Box 1 , scroll ke bawah

Box 2 , scroll ke bawah

Box 3 , scroll ke bawah

Box 4

NIPT Test dan Program Kehamilan

 NIPT Test dan Program Kehamilan

Noninvasif Prenatal Test atau dikenal dengan NIPT Test sering dilakukan jika seseorang ingin memulai program kehamilan. NIPT tes merupakan metode yang dipakai di dunia medis untuk mengetahui kondisi janin sejak awal kehamilan. 


Pentingnya Melakukan NIPT Tes

NIPT tes penting dilakukan untuk mendapatkan informasi bagaimana kondisi perkembangan bayi di dalam kandungan. Metode ini dapat mengetahui dengan detail bagaimana kesehatan bayi di dalam kandungan.

Persiapan kesehatan prakonsepsi dapat dilakukan sebelum dan dimasa kehamilan untuk meningkatkan kemungkinan kelahiran bayi yang sehat. Persiapan program kehamilan perlu untuk dilakukan bagi seorang ibu. Terutama bagi seorang ibu yang telah lama mendambakan kehadiran seorang bayi. Salah satu persiapannya adalah dengan melakukan NIPT test.

NIPT tes ini juga dapat dilakukan sebelum menikah. Bagi seseorang yang tidak ingin menunda kehamilan di awal pernikahan, maka tes kesehatan ini sangat penting untuk dilakukan. 



Dalam mempersiapkan program kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh seorang wanita baik sebelum maupun saat sedang hamil.


1. Rencanakan Kapan Kehamilan Anda

Buat keputusan, apakah anda berkeinginan untuk langsung memiliki buah hati setelah pernikahan, atau menundanya beberapa waktu. Anda juga dapat merencanakan jarak umur anak yang satu dengan lainnya. Semuanya sangat mungkin dilakukan dengan teknologi medis yang semakin canggih.


2. Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum melakukan program hamil, konsultasikan terlebih dahulu tentang kesehatan anda dan calon buah hati anda. Diskusikan dengan dokter tentang riwayat kesehatan Anda dan kondisi medis apa pun yang Anda miliki saat ini yang dapat memengaruhi kehamilan. 

Diskusikan masalah kehamilan sebelumnya, obat-obatan yang sedang Anda konsumsi, vaksinasi yang mungkin Anda perlukan, dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil sebelum kehamilan untuk mencegah cacat lahir tertentu. Anda tidak perlu ragu menanyakan hal-hal yang belum anda pahami kepada dokter atau konsultan kesehatan anda.


3. Konsumsi Asam Folat 

Asam folat adalah vitamin B. Menurut penelitian medis, seorang wanita yang memiliki cukup asupan asam folat dalam tubuhnya setidaknya 1 bulan sebelum dan selama kehamilan, hal itu dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi. Asalm folat sangat berperan dalam pertumbuhan otak dan tulang belakang bayi.


4. Hindari Rokok, Alkohol, dan Obat-Obatan Tertentu

Merokok, minum alkohol, dan menggunakan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan banyak masalah selama kehamilan bagi seorang wanita dan bayinya. Misalnya seperti kelahiran prematur, cacat lahir, dan kematian bayi. Dan tentu hal itu sangat tidak kita inginkan.

Jika Anda merencanakan untuk hamil namun masih minum atau merokok, segeralah berhenti. Hubungi dokter Anda atau pusat perawatan setempat.


5. Hindari Terpapar Zat Beracun dan Jauhi Lingkungan yang Tercemar

Hindarkan diri dari bahan kimia berbahaya, kontaminan lingkungan, dan zat beracun lainnya seperti bahan kimia sintetis, logam, pupuk kimia, obat serangga, kotoran kucing atau tikus di sekitar rumah dan juga di tempat kerja. Zat-zat tersebut dapat merusak sistem reproduksi baik pada pria dan wanita. Zat beracun tersebut dapat membuat lebih sulit untuk hamil. 

Paparan zat beracun, bahkan dalam jumlah kecil selama kehamilan, bayi, masa kanak-kanak, atau pubertas dapat menyebabkan penyakit. Lindungi diri Anda dan juga orang yang Anda cintai dari zat beracun di tempat kerja dan di rumah.


6. Jaga Berat Badan Ideal yang Sehat

Seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesehatan, termasuk komplikasi selama kehamilan, penyakit jantung, dan sebagainya. Orang yang kekurangan berat badan juga berisiko mengalami masalah kesehatan yang juga serius.

Kunci untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat bukan hanya tentang perubahan pola makan dalam waktu singkat. Gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi resiko datangnya penyakit ke dalam tubuh kita.


7. Jaga Kesehatan Mental

Selain menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga sangat mempengaruhi kehamilan Anda. Kurangi rasa khawatir, cemas, sedih dan stress. Bersikaplah bahagia selama kehamilan Anda.

Stres yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi kehamilan Anda. Perbanyak beribadah untuk menenangkan hati dan pikiran yang stress.


Konsultasi NIPT Test

Jika anda ada pertanyaan terkait dengan NIPT tes ini, anda bisa mengunjungi website TANYADNA.ID. Disana Anda dapat berkonsultasi mengenai berbagai macam test pengujian DNA, salah satunya NIPT tes. Anda juga dapat melakukan pendaftaran online melalui website tersebut.

Untuk Anda yang ingin menjalankan program hamil atau sedang menjalani masa kehamilan, ada baiknya anda melakukan NIPT tes demi kesehatan dan keselamatan calon bayi Anda.