Gerbang And, Penjelasan dan Aplikasinya dalam Rangkaian Logika

 

Gerbang And ( And Gate)

Status output dari logika digital And Gate  hanya memiliki output "LOW" lagi ketika SALAH SATU inputnya berada pada tingkat logika "0". Dengan kata lain untuk logika And Gate, setiap input RENDAH akan memberikan output RENDAH. Logika atau ekspresi Boolean yang diberikan untuk gerbang AND digital adalah bahwa untuk Perkalian Logis yang dilambangkan dengan simbol titik tunggal atau titik penuh, ( . ) memberi kita ekspresi Boolean dari: A.B = Q. Kemudian kita dapat mendefinisikan pengoperasian gerbang AND 2-input digital sebagai:

 

"Jika A dan B benar, maka Q benar"

 

Gerbang AND dengan  Transistor 2-input

Gerbang AND 2-input sederhana dapat dibangun menggunakan sakelar Resistor-transistor RTL yang terhubung bersama seperti yang ditunjukkan di bawah ini dengan input yang terhubung langsung ke basis transistor. Kedua transistor harus jenuh "ON" untuk output pada Q.
And 2 Input dengan Transistor

 

Logic AND Gates tersedia menggunakan sirkuit digital untuk menghasilkan fungsi logis yang diinginkan dan diberi simbol yang bentuknya mewakili operasi logis gerbang AND.

Digital AND Gate Types

And Gate dengan 2 input



And Gate dengan 3 Input


Karena ekspresi Boolean untuk fungsi AND didefinisikan sebagai (.), yang merupakan operasi biner, gerbang AND dapat dijenjangkan bersama untuk membentuk sejumlah input individu. Namun, komersial yang tersedia DAN gerbang IC hanya tersedia dalam paket standar 2, 3, atau 4-input. Jika input tambahan diperlukan, maka gerbang AND standar perlu di-cascaded bersama untuk mendapatkan nilai input yang diperlukan, misalnya.

 Multi-input AND Gate





Oleh karena itu, Ekspresi Boolean untuk gerbang AND 6-input ini adalah:

 

Q = (A.B).(C.D).(E.F)

 

Dengan kata lain:

A DAN B DAN C DAN D DAN E DAN F menghasilkan output Q

 

Jika jumlah input yang diperlukan adalah jumlah input ganjil, input "tidak terpakai" apa pun dapat ditahan TINGGI dengan menghubungkannya langsung ke catu daya menggunakan resistor "Pull-up" yang sesuai.

 Penerapan IC 7408 dan 7411 





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url